Analisis Iklan Head and Shoulders: Pendekatan Semiotika
Sari
Semakin berkembangnya zaman, maka dalam memasarkan sebuah produk, perlu juga mengalami evolusi dalam periklanannya. Perusahaan akan sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan tanpa adanya strategi kreativitas dan inovatif untuk mempengaruhi konsumen. Dalam kasus ini peneliti memilih produk shampoo Head and Shoulders. Head and Shoulders ini menggunakan public figure terkenal dalam mempromosikan produknya (brand Ambassador). Peran dari BA (Brand Ambassador) ini memiliki andil besar dalam membentuk persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi dan memahami makna pada iklan produk shampoo Head and Shoulders. Peneliti kemudian menganalisis iklan shampoo tersebut secara induktif dan melakukan penafsiran makna dengan menggunakan teori semiotika. Hasil analisis dari penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi periklanan tidak lagi menawarkan secara kaku, tetapi melalui eksekusi iklan kreatif dan menarik. Dari sudut pandang semiotika menunjukkan sebuah tanda, bahwa dalam iklan tidak hanya memberikan informasi tentang suatu produk atau jasa saja, namun lebih melebar pada pengondisian situasi dan kondisi tertentu pada sekelompok masyarakat.
Kata Kunci: Semiotika, Iklan, Brand AmbassadorReferensi
Abdurrahman Sidik, S.Sn, M.Ds. (2018). Analisis Iklan Produk Shampo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Kalimantan : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
Creswell, John W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta : Pustaka pelajar
Daulay, F. A. (2006). Analisis Perbandingan Elemen - Elemen Ekuitas Merek Pada Supermarket Macan dan Maju Bersama di Kota Medan Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Menentukan Keputusan Pemasaran. Jurnal Sistem Teknik Industri
Sumbo Tinarbuko. (2009). Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia
Yunita Rahmawati. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shampoo Head & Shoulders “Versi Joe Taslim Slogan Move On Bro” Terhadap Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945
DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6192
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI
Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia
Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia
Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB
SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.