Analisis Iklan Head and Shoulders: Pendekatan Semiotika

Muhamad Farhan

Sari


Semakin berkembangnya zaman, maka dalam memasarkan sebuah produk, perlu juga mengalami evolusi dalam periklanannya. Perusahaan akan sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan tanpa adanya strategi kreativitas dan inovatif untuk mempengaruhi konsumen. Dalam kasus ini peneliti memilih produk shampoo Head and Shoulders. Head and Shoulders ini menggunakan public figure terkenal dalam mempromosikan produknya (brand Ambassador). Peran dari BA (Brand Ambassador) ini memiliki andil besar dalam membentuk persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi dan memahami makna pada iklan produk shampoo Head and Shoulders. Peneliti kemudian menganalisis iklan shampoo tersebut secara induktif dan melakukan penafsiran makna dengan menggunakan teori semiotika. Hasil analisis dari penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi periklanan tidak lagi menawarkan secara kaku, tetapi melalui eksekusi iklan kreatif dan menarik. Dari sudut pandang semiotika menunjukkan sebuah tanda, bahwa dalam iklan tidak hanya memberikan informasi tentang suatu produk atau jasa saja, namun lebih melebar pada pengondisian situasi dan kondisi tertentu pada sekelompok masyarakat.

Kata Kunci: Semiotika, Iklan, Brand Ambassador

Referensi


Abdurrahman Sidik, S.Sn, M.Ds. (2018). Analisis Iklan Produk Shampo Pantene Menggunakan Teori Semiotika Pierce. Kalimantan : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

Creswell, John W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta : Pustaka pelajar

Daulay, F. A. (2006). Analisis Perbandingan Elemen - Elemen Ekuitas Merek Pada Supermarket Macan dan Maju Bersama di Kota Medan Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Menentukan Keputusan Pemasaran. Jurnal Sistem Teknik Industri

Sumbo Tinarbuko. (2009). Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia

Yunita Rahmawati. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shampoo Head & Shoulders “Versi Joe Taslim Slogan Move On Bro” Terhadap Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6192

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.