Perancangan Kampanye #GoodDrinkGoodCup Dalam Mengurangi Limbah Plastik Hasil Wadah Minuman Kopi

Muhammad Fauzan Ramadan, Nadia Sarah Cahyan Dian, Rama Diva Az Zahra

Sari


Plastik bukanlah satu-satunya solusi dalam kehidupan masih banyak pilihan bahan lain yang bahkan jauh lebih baik dari pada plastik. Para penikmat minuman cepat saji. Biasanya produk tersebut diminati oleh para pelajar, mahasiswa atau karyawan. Lifestyle masa kini membuat trend minuman seperti coffee shop dan lainnya menjadikan penggunaan gelas plastik meningkat. Lifestyle seperti mengerjakan tugas atau pekerjaan di cafe dengan menikmati segelas kopi atau minuman lainnya menjadi hal yang biasa. Penggunaan gelas sekali pakai ini membuat pencemaran lingkungan. Terlebih lagi gelas plastik yang digunakan sulit terurai. Dalam perancangan kampanye #GoodCupGoodLife kami menggunakan media yang bisa dipahami oleh masyarakat dan bisa mudah dimengerti oleh masyarakat sekitar, kami membuat konsep kreatif berupa ilustrasi, Ilustrasi yang menampilkan bagaimana ketidaksehatan lingkungan saat banyak limbah plastik, khususnya gelas plastik kopi. Tujuan utama dengan adanya konsep kreatif ini adalah untuk menyadarkan orang untuk mengganti gelas plastik sekali pakainya dengan gelas yang lebih ramah lingkungan.

 

Kata Kunci: Kampanye, Pencemaran, Gelas, Kopi, Lifestyle


Referensi


A. E. Larasati. 2018. Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Flat Design? [Online]. Available: https://idseducation.com/articles/apa-saja-kelebihan-dan-kekurangan-flat-design/ [Accessed: 15-Jul-2022].

A. L. Turner. 2014. “The history of flat design: How efficiency and minimalism turned the digital world flat,”. [Online]. Available: https://thenextweb.com/dd/2014/03/19/history-flat-design-efficiency-minimalism-made-digital-world-flat/. [Accessed: 15-Jul-2022].

Environmental Protection Act. 2016. The Pollution. Environmental Protection Act, R.S.O. c.. E. 19, published at www.canlii.com/on/ laws/sta/e-19/index.html

B. Irawan and P. Tamara. 2013. Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Griya Kreasi.

Krisyantia, V. Ilona and P. Anjang. 2020. Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jakarta: UPN Veteran Jakarta.

M. Felyshia. 2022. Perancangan Media Kampanye Untuk Mengurangi Penggunaan Wadah Plastik Sekali Pakai Di Starbucks Kota Tangerang. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara. [Online]. Available: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:iz5JaGpzAW0J:kc.umn.ac.id/20200/1/HALAMAN_AWAL.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id. [Accessed: 16-Jul-2022].

Palar, Heryando. 2004. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rhineka Cipta.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: AndiPublisher.

S. Wang and V. T. Hoa. 2013. An Application of Software Technology towards an Effective Web Design. Int. J. Eng. Technol., vol. 5, no. 2.

Venus, Antar. (2019). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbosa Rekatama Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.