Analisis Nilai Moral dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye dan Penerapannya dalam Pengajaran di Kelas XI SMA

Cut Savrina Maolisa, Febry Fadhila, Nabila Rahma Mardhotillah, Nurul Assyifa Arianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Nilai moral yang terdapat dalam novel Tentang Kamu Karya Tere Liye 2) Penerapan nilai moral dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye sebagai bahan ajar materi nilai- nilai dalam novel di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, paragraf, dan dialog yang mengandung nilai- nilai moral dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dengan cara membaca,   mencatat, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik dialektik. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini adalah: 1) Nilai moral yang terkandung dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye meliputi : a) Hubungan manusia dengan diri sendiri, yaitu : prasangka baik, pantang menyerah, dan sabar. b) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup social, yaitu : tolong menolong, cinta kasih, dan persahabatan. c) Hubungan manusia dengan Tuhan, yaitu : beribadah, dan berdoa. Kesesuaian nilai- nilai moral yang terkandung dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye sebagai materi pembelajaran di kelas XI SMA terletak pada aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Ketiga aspek tersebut mendukung novel Tentang Kamu karya Tere Liye disesuaikan sebagai bahan ajar materi pembelajaran nilai- nilai dalam novel di kelas XI SMA dengan Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator 3.7 Menganalisis nilai- nilai (budaya, social, moral, agama, dan pendidikan) dalam novel yang sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013

 


Referensi


Aini, M. N. (2018). Nilai Moral Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA.

Al Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa.

Arikunto, S. (2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan 15. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Ali. 2014. Pendidikan Agam Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kurniawan, W. F. (2020). Nilai Moral dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala. Amarta Press

(Tinjauan Sosiologi Sastra) Dan Relevansinya Dengan Bahan Ajar Sastra. Liye, Tere. 2017.

Tentang Kamu. Jakarta: Republika Penerbit Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Widayati, M. (2017). Foregrounding Dalam Kumpulan Cerpen Adam Ma’rifat Ma’rifat

Karya Danarto. Stilistika, 3(1), 83–96.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6205

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.