Analisis Gaya Bahasa Puisi “Hujan Bulan Juni” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X

Repita Wulansari, Annissa Salsabila, Nopira Aulia Rahmah, Fatimah Az Zahra

Sari


Keterkaitan gaya bahasa terhadap proses kreatif menulis puisi tidak terlepas dari berbagai aspek yang mendukung dalam kegiatan menulis puisi, meskipun masing-masing penyair memiliki esensi dan cara pandang yang khas satu sama lain. Pemakaian gaya bahasa juga menunjukkan kekayaan kosakata pemakainya, itulah sebabnya pembelajaran gaya bahasa merupakan suatu teknik penting untuk mengembangkan kosakata para siswa. Hujan Bulan Juni merupakan salah satu karya Sapardi yang kaya akan unsur-unsur pembangun puisi khususnya gaya bahasa yang mampu mengantarkan pembaca pada penghayatan imajinasi, dan rasa puisi. Pentingnya gaya bahasa pada puisi dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah dapat dijadikan sebagai ajang belajar tentang pentingnya gaya bahasa pada puisi. Selain siswa terampil dalam berbahasa tetapi juga dapat memudahkan siswa untuk memahami dan menghayati karya sastra, khususnya puisi. Melalui puisi itu juga dapat diketahui penguasaan kosakata, pemilihan diksi, gaya bahasa, dan karakteristik gaya bahasa yang dominan digunakan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang ditemukan di dalam puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang berimplikasi kepada pembelajaran menulis puisi khususnya materi gaya bahasa puisi di kelas X.

 

Kata Kunci: Gaya bahasa; Hujan Bulan Juni; Sapardi Djoko Damono; Pembelajaran menulis puisi.


Referensi


Faoziah, I., Herdiana, & Mulyani, S. (2019). Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu dalam Album “Gajah” Karya Muhammad Tulus. Jurnal Literasi, 3(1), 9–22. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/2007

Ismalinar, Hayati, A., & Amelia, S. (2020). Analisis Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SINAU), 2(2016), 453–458. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/index

Isro’khoirun, N. (2019). Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Melipat Jarak Karya Sapardi Djoko Damono Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek. IAIN Tulungagung.

Saragih, R. I., Maulina, I., & Sinaga, A. Y. (2021). Analisis Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01), 8–23. https://doi.org/10.47709/jbsi.v1i01.1218

Windusari, T. (2014). Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.30998/sinastra.v1i0.6207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.