Alih Kode dan Campur Kode dalam Dialog Aris and Kinan pada Film “Layangan Putus Episode 8”

Sul Ambarkati, Dian Budiani Safitri, Siti Sarah

Sari


Seseorang yang tengah berkomunikasi sering kali menggunakan alih kode dan campur
kode secara sadar maupun tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode, campur kode serta fungsi dan faktor-faktor yang ada dalam drama "Layangan Putus" episode 8. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, sebab dalam penelitian ini akan menggambarkan dan menjabarkan secara rinci terkait fenomena yang akan diteliti dan dianalisis. Pengambilan data dilakukan melalui aplikasi WeTV. Teknik simak catat digunakan dalam pengambilan data tersebut. Teknik ini dilakukan dengan cara menyimak atau mengamati video, lalu dicatat informasi-informasi penting yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul pada penelitian ini dianalisis berdasarkan pokok permasalahan. Hasil penelitian berupa alih kode dan campur kode. Dari analisis tersebut terdapat dua bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi antara lain Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dari penggunaan Bahasa ditemukan ungkapan-ungkapan yang merupakan alih kode dan campur kode yang dilatarbelakangi oleh status sosial mereka.

Kata kunci: Alih kode, campur kode, layangan putus


Referensi


Chaer, Abdul. (201 4). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Ayu., Ratu & Arif. (2021 ). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Acara Mata Najwa pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. (Volume 5 Nomor 1 Oktober 2021 ).

Mahsun. (201 7). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajawali Pers.

Patmawati, Prilliana Budi. (201 4). Campur Kode dan Alih Kode pada Acara Show Imah di Trans TV. Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa 201 4

http://journals.ums.ac.id/index.php/kls/article/view/5981

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/461 70/38921


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


                                                                                              

Penerbit: Universitas Indraprasta PGRI

Alamat: TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12530, Indonesia

Telepon: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional di Indonesia

Jam Kerja: Pukul 09.00--16.00 WIB

Creative Commons License

SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.