Kompetensi Berpikir Historis dalam Pembelajaran Sejarah

Muhammad Ilham Syahputra, Hieronymus Purwanta, Djono Djono

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kompetensi berpikir historis dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini difokuskan pada konsep berpikir historis yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis 8 kompetensi berpikir historis dalam pembelajaran sejarah. Peneliti berusaha untuk menjelaskan secara deskriptif mengenai berpikir historis. Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan dari beberapa buku dan jurnal yang relevan. Kemampuan berpikir historis pada dasarnya merupakan kemampuan peserta didik untuk menafsirkan masa lalu menjadi sebuah sejarah. Peristiwa di masa lalu yang tersusun menjadi fakta-fakta perlu mendapat penafsiran tertentu sehingga akhirnya menjadi sebuah sejarah. Kemampuan berpikir historis terdiri dari 8 kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik, yaitu: (1) berpikir diakronik (kronologis); (2) berpikir sinkronik; (3) pemahaman sejarah; (4) penggunaan sumber sejarah; (5) keberlanjutan dan perubahan; (6) penelitian sejarah; (7) signifikansi historis; (8) kebermaknaan (relevansi) sejarah.


Kata Kunci


Berpikir Historis, Pembelajaran Sejarah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agha & Rahman. (2016). Educational Value of History and Its Contemporary Relevance. Journal of Social Studies Education Research, 7(1).

Agung, L. & S. W. (2019). Perencanaan Pembelajaran Sejarah (2 ed.). Penerbit Ombak.

Ardiansyah, A., Kurniawati, K., & Ibrahim, N. (2022). Penggunaan Sumber Sejarah Dalam Implementasi Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 48 Jakarta). Jurnal Paedagogy, 9(4), 890. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5515

B, A. (2020). Investigation of Chronological Thinking Skills of Secondary School Student.

Bergman, K. (2020). How younger students perceive and identify historical significance. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1478785/FULLTEXT01

Fajar & Darmawan. (2019). Signifikansi Sejarah dalam Mempromosikan Nilai-Nilai Pembangunan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14 (3), 110–123.

Firdaus, D. R. (2021). Pentingnya Sejarah bagi Generasi Muda. Osf Preprints, 1–6.

Gul & Azhar. (2022). Historical Education and Its Relevance: Exploring the Impact of History Curriculum on Students’ Civic Engagement. Journal of History Education. Journal of History Education, 30 (3), 200–215.

Hasan. (2020). Mengajar Sejarah untuk Kehidupan.

Irawan, M., & Hartati, U. (2019). Analisis Kemampuan Historical Comprehension Siswa Pada Materi Indonesia Merdeka (Dari Rengasdengklok Hingga Pegangsaan Timur) Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur. Swarnadwipa, 2(3), 213–221. https://doi.org/10.24127/sd.v2i3.891

Iskandar. (2017). Metode Sinkronis dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus Sejarah Indonesia. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran, 9 (2), 77–91.

Kemendikbud RI. (2024). Latar Belakang Kurikulum Merdeka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2024). Fase E Kelas X Edisi Terbaru 2024.

Kurniawan. (2020). Menggunakan Pendekatan Sinkronis dalam Pengajaran Sejarah untuk Menumbuhkan Pemahaman Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53 (1), 88–101.

Lestari & Adi. (2020). Refleksi dan Pengaruh Keberlanjutan dalam Sejarah: Menumbuhkan Kesadaran Sosial pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 11 (2), 67–80.

Maulana, W. (2021). Tinjauan Mengenai Historical Thinking Skills Dan Karakteristik Peserta Didik Pada Jenjang Menengah Atas. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 69–78.

Mulyadi & Sari. (2020). Keberlanjutan dan Perubahan dalam Sejarah: Implikasi dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Sejarah, 8 (2), 120–130.

Mulyana, A. (2019). Mengembangkan Keterampilan Penelitian dalam Pembelajaran Sejarah. https://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/mengembangkan-keterampilan-penelitian-dalam-pembelajaran-sejarah/

Nisa’, S. F., Sayono, J., & Utami, I. W. P. (2019). Pembelajaran Sejarah Indonesia Di Sman 1 Malang Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Historis. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(2), 202–211. https://doi.org/10.17977/um033v2i22019p202

Nurfadilah. (2021). Kajian Diakronik dalam Perubahan Bahasa Melayu: Sebuah Pendekatan Historis-Linguistik. Jurnal Linguistik dan Sastra, 3, 215–230.

Ofianto, O., & Basri, W. (2016). Model Penilaian Kemampuan Berpikir Historis (Historical Thinking) Dengan Model Rasch. Tingkap, 11(1), 67. https://doi.org/10.24036/tingkap.v11i1.5155

Purwanta, H. (2024). Pembelajaran Berpikir Historis (Riyadi (ed.); 1 ed.). CV. Pramudita Press.

Santucci, A. (2024). Developing student comprehension of historical significance. https://www.teachermagazine.com/au_en/articles/developing-student-comprehension-of-historical-significance

Seixas, P. (2017). The Role of History in the Canadian Curriculum.

Setiyonugroho Ponco, S. Y. B. P. (2023). Implementasi berfikir sejarah : Penggunaan sumber primer sejarah dalam pembelajaran di kelas. Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 41–47.

Sukardi, S., & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(2), 114–117. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5256

Suryadi. (2022). Berpikir Kronologis, Sinkronik, Diakronik, Ruang dan Waktu dalam Sejarah.

Suryanto & Wulandari. (2018). Peran Penelitian Sejarah dalam Pengembangan Keterampilan Penelitian Siswa di Sekolah. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7 (1), 45–57.

Wasino & Hartatik. (2020). Metode Penelitian Sejarah dari Riset hingga Penulisan (2 ed.). Penerbit Magnum.

Wijaya, A. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran digital untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanggul. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/74133/Pengembangan-media-pembelajaran-digital-untuk-meningkatkan-minat-dan-prestasi-belajar-peserta-didik-pada-pembelajaran-sejarah-di-SMA-Negeri-1-Tanggul

Wineburg, S. (2023). Historical Thinking and Other Unnatural Acts: Charting the Future of Teaching the Past (2 ed.).

Yusuf. (2018). Pendekatan Sinkronis dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Budaya, 15 (3), 150–163.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Universitas Indraprasta PGRI

Address:

Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia

Contact Email : webinarsejarah.unindra@gmail.com
Contact Phone : +62 878-8493-3275
Company : Program Studi Pendidikan Sejarah - Universitas Indraprasta PGRI