Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik

Afifudin Lisgianto, Fauzi Mulyatna

Sari


Bahan ajar matematika berbasis etnomatematika untuk lingkup materi geometri dimensi tiga yang layak dan sesuai kebutuhan siswa SMK Teknik merupakan tujuan penelitian ini.  Penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dipilih untuk mencapai tujuan tersebut, dg lima tahap, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen yg menyertai penelitian ini, lembar angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru matematika SMK Teknik. Hasil validasi menunjukkan validasi ahli 80% persentasenya yg berarti layak, respon guru  78% persentasenya, yg berarti  layak juga. Bahan ajar secara keseluruhan dapat diterima dengan baik oleh guru SMK Teknik dan dikuatkan hasil validasi dari para ahli yang menyatakan bahan ajar telah layak digunakan dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dazrullisa. (2018). Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Genta Mulia, 9(2), 141–149. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/175

Effendi, M. (2017). Reposisi Pembelajaran Matematika di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 18-30. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/1019/1186

Fujiati, I., & Mastur, Z. (2014). Keefektifan model pogil berbantuan alat peraga berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 174-180.

Hasanah, H., Wirawati, S.M., & Sari, F.A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91-100. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 106-114. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262-269. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Orey, D., & Rosa, M. (2007). Cultural assertions and challenges towards pedagogical action of an ethnomathematics program. For the Learning of Mathematics, 27(1), 10-16.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Journal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 21-30.

Rahim, R. & Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Matheducation Nusantara, 2(1), 21-27. DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v2i1.57

Ramadhani, R., dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran dalam Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Riyana, C. (2020). Konsep pembelajaran online. Modul pembelajaran on-line, 1. (online). Https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/tpen4401-m1.pdf. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2021.

Runehov, A. L.C, & Oviedo, L. (2013). Encyclopedia of sciences and religions. New York: Springer.

Sánchez C.H., & Albis V. (2013). Ethnomathematics. In: Runehov A.L.C., Oviedo L. (eds) Encyclopedia of Sciences and Religions. Springer, Dordrecht. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8265-8_200872

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Yekti, S. M. P., & Perdana, R. D. P. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) sebagai Upaya Penguatan Karakter Dan Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK. Dharma Pendidikan, 14(1), 56-67.

Wiratomo, Y. & Mulyatna, F. (2020). Use of learning management systems in learning efforts during a pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(2): 62-71. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.