Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dazrullisa. (2018). Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Genta Mulia, 9(2), 141–149. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/175
Effendi, M. (2017). Reposisi Pembelajaran Matematika di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 18-30. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/1019/1186
Fujiati, I., & Mastur, Z. (2014). Keefektifan model pogil berbantuan alat peraga berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3), 174-180.
Hasanah, H., Wirawati, S.M., & Sari, F.A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91-100. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 106-114. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262-269. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Orey, D., & Rosa, M. (2007). Cultural assertions and challenges towards pedagogical action of an ethnomathematics program. For the Learning of Mathematics, 27(1), 10-16.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Journal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 21-30.
Rahim, R. & Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan. Jurnal Matheducation Nusantara, 2(1), 21-27. DOI: https://doi.org/10.32696/jmn.v2i1.57
Ramadhani, R., dkk. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran dalam Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Riyana, C. (2020). Konsep pembelajaran online. Modul pembelajaran on-line, 1. (online). Https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/tpen4401-m1.pdf. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2021.
Runehov, A. L.C, & Oviedo, L. (2013). Encyclopedia of sciences and religions. New York: Springer.
Sánchez C.H., & Albis V. (2013). Ethnomathematics. In: Runehov A.L.C., Oviedo L. (eds) Encyclopedia of Sciences and Religions. Springer, Dordrecht. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8265-8_200872
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: CV Alfabeta.
Yekti, S. M. P., & Perdana, R. D. P. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Matematika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) sebagai Upaya Penguatan Karakter Dan Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK. Dharma Pendidikan, 14(1), 56-67.
Wiratomo, Y. & Mulyatna, F. (2020). Use of learning management systems in learning efforts during a pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(2): 62-71. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.