TATA LETAK PADA KAMPUNG AL MUNAWAR PALEMBANG SEBAGAI UPAYA MENUJU KOTASEHAT

Ashri Prawesthi Dharmaraty, Agus Surya Sadana

Abstract


Istilah kotasehat tentunya berawal dari visi bagaimana menjadikan kota yang sehat, yaitu yang memandang sebuah kota sebagai organisme komplek yang hidup, bernafas bahkan dapat tumbuh berkembang dalam meningkatkan lingkungannya. Kampung Al Munawar adalah Kampung wisata yang terletak di kota Palembang. Kampung ini menarik karena terletak di tepi sungai Musi dan memiliki bentuk tata letak Kampung yang bagus. Berdasarkan penelitian terdahulu dari penulis tentang Elemen Arsitektur di Kampung Al Munawar, penelitian ini mendeskripsikan tata letak pada Kampung Al Munawar dalam kaitannya dengan beberapa indikator kotasehat. Dengan metode deskripsi, pemetaan/penggambaran tata letak Kampung serta analisis kualitatif, dapat dilihat pencapaian kotasehat pada kampung ini seperti adanya ruang terbuka di beberapa tempat, jalur sirkulasi yang memadai sebagai sirkulasi udara juga serta beberapa prasarana dan sarana lingkungan yang menunjang kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Kemenkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kotasehat.

Budiardjo, Eko, Djoko Sudjarto, 2005, Kota Berkelanjutan, Bandung, PT. Alumni, Cetakan II.

Kickbusch I., Gleicher D. (2012) Governance for Health in the 21st Century. WHO Regional Office for Europe, Copenhagen.

Maharani, dkk., Laporan Kuliah Observasi dan Kajian Arsitektur, Tata Ruang Kampung Menanga dan Al Munawar Palembang, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila, 2019

Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan, Pendataan Bangunan di Kawasan Permukiman Tradisional 3-4 Ulu. Universitas Sriwijaya. Palembang.

WHO. (2007) Global Age-Friendly Cities: A Guide. World Health Organization, Geneva.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.