PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA TIPE C (SLB-C) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI JAKARTA

Aji Zarkasih, Karya Widyawati, Bambang Perkasa Alam

Abstract


Pendidikan memiliki peran yang penting dalam kemajuan dan pembangunan suatu bangsa. Menurut UUD 1945 pasal 31 ayat 1, Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan merupakan
sarana yang penting dalam lingkungan masyarakat dan negara harus
memfasilitasi sarana pendidikan demi keperluan warganya.Terkait dengan peluang untuk memperoleh pendidikan, disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat 1 bahwa warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Pada pasal 5 ayat 2 disebutkan bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.

Keterbatasan fasilitas yang tersedia pada sekolah luar biasa (SLB) di Indonesia terutama di Jakarta membuat penulis merancang bangunan Sekolah Luar Biasa Tipe C dengan pendekatan arsitektur perilaku yang informatif, edukatif dan nyaman bagi para anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) dan orang tua yang menunggu murid. Sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan rancangan interior dan eksterior secara estetika, teknis, arsitektural dan dari berbagai segi lainnya. Selain itu, dapat memberikan kemudahan dan membantu berbagai pihak yang terkait didalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas mengajar untuk para guru dan siswa.

Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam setting Pendidikan Inklusi). Bandung: PT Refika Aditama

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi

http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273

Mangunwijaya, Wastu Citra Y.B. (1992). Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur Sendi-Sendi Filsafatnya Beserta Contoh-Contoh Praktik. Jakarta: Gramedia

Maulipaksi, Desliana. (2017). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Juli 2020

Peraturan Kementrian Pendidikan Kebudayaan 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 157 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Khusus

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 10/D/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).

Pratiwi, Ratih Putri. (2020). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayatim dan Budi Muhammad Taftazani. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Juni 2020

Snyder, James C. (1989). Pengantar arsitektur / James C. Snyder. Jakarta : Penerbit Erlangga

Thompson, J. (2012). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Erlangga

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1 tentang Pembebanan Biaya Pendidikan Kepada Masyarakat

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.