PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA TIPE C (SLB-C) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI JAKARTA
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam kemajuan dan pembangunan suatu bangsa. Menurut UUD 1945 pasal 31 ayat 1, Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan merupakan
sarana yang penting dalam lingkungan masyarakat dan negara harus
memfasilitasi sarana pendidikan demi keperluan warganya.Terkait dengan peluang untuk memperoleh pendidikan, disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 5 ayat 1 bahwa warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Pada pasal 5 ayat 2 disebutkan bahwa warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.
Full Text:
PDFReferences
Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam setting Pendidikan Inklusi). Bandung: PT Refika Aditama
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi
http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/14273
Mangunwijaya, Wastu Citra Y.B. (1992). Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur Sendi-Sendi Filsafatnya Beserta Contoh-Contoh Praktik. Jakarta: Gramedia
Maulipaksi, Desliana. (2017). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Juli 2020
Peraturan Kementrian Pendidikan Kebudayaan 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 157 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Khusus
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 10/D/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).
Pratiwi, Ratih Putri. (2020). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayatim dan Budi Muhammad Taftazani. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Juni 2020
Snyder, James C. (1989). Pengantar arsitektur / James C. Snyder. Jakarta : Penerbit Erlangga
Thompson, J. (2012). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Erlangga
Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1 tentang Pembebanan Biaya Pendidikan Kepada Masyarakat
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5027
Refbacks
- There are currently no refbacks.