PERANCANGAN STASIUN LRT DENGAN PENERAPAN KONSEP TOD (Transit Oriented Development) DI DEPOK

Muhammad Irfandy Adityawarman, Asri Budiarto, Fery Mulya Pratama

Abstract


Abstrak: Stasiun LRT Depok Baru adalah stasiun kereta LRT yang terletak di pinggir jalan utama yang menghubungkan pusat kota Depok. Peningkatan dan pertumbuhan jumlah penumpang, merupakan unsur utama dalam perkembangan stasiun ini. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa Transportasi kereta sebaiknya diimbangi dengan adanya fasilitas-fasilitas yang memadai, peningkatan kualitas pelayanan yang baik agar masyarakat lebih percaya dan memilih menggunakan jasa transportasi kereta. Permasalahan perancangan pada stasiun ini adalah Bagaimana merencanakan stasiun dengan pertimbangan mengurangi kemacetan dan penumpukan kendaraan serta memfasilitasi pergantian angkutan yang terintegrasi dengan stasiun. Penerapan konsep TOD (Transit Oriented Development) pada kawasan stasiun LRT dimaksudkan agar dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan angkutan transportasi masal yang aman dan nyaman,dan mengintegrasikan antara pertukaran angkutan yang dapat mengurangi penumpukan kendaraan.


Full Text:

PDF

References


Tamin, Ofyar, Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung, Indonesia: Penerbit ITB

Treasure Coast Regional Planning Council. (2012). Florida TOD Guide book

Clark, R. R. (1984). General Guidelines for the Design of Light Rail Transit Facilities in Edmonton.

Arrington, G. B., Brinckerhoff, P. (2003). Light Rail and the American CityState of the Practice for Transit-Oriented Development.

Black, J., Tara, K. & Pakzad, P., (2016). Planning and Design Elements for Transit Oriented Developments / Smart Cities of Cultural Borrowings.

Chen, X. (2010). Prospect of The Transit-Oriented Development in China.

Dittmar, H. & G. Ohland. (2004). The New Transit Town. Best Practices in Transit-Oriented Development Washington, D.C.: Island Press.

Lyu, G., Bertolini, L. & Pfeffer, K., (2016). Developing a TOD typology for Beijing metro station.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.