PERANCANGAN GALERI SENI LUKIS DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI BOGOR

Fauzia Fanani, Karya Widyawati, Nurjannah Hamdani

Abstract


Bogor banyak sekali para seniman lukis, terutama seniman lukis jalanan. Kurangnya wadah dan fasilitas membuat mereka tidak bisa memamerkan dan menjual karya-karyanya dengan layak. Diperlukan sebuah galeri seni lukis di Bogor yaitu untuk mewadahi dan mengapresiasi karya seniman lukis terutama seniman lukis jalanan dan memamerkan bahkan menjual hasil karya-karyanya. Selain itu galeri seni lukis juga memfasilitasi yang mengijinkan pengunjung untuk belajar lebih jauh tentang lukisan serta belajar untuk membuat lukisan itu sendiri. Perkembangan kota Bogor saat ini, bangunan-bangunan modern sudah mulai bermunculan, oleh karena itu galeri seni lukis ini akan dirancang dengan menerapkan konsep arsitektur modern dengan ciri khasnya agar menjadi bangunan modern yang khas di Bogor. Hasil dari penerapan tersebut diimplementasikan dalam perancangan galeri seni lukis seperti, bentuk masa, konsep desain, ruang interior maupun eksterior.


Full Text:

PDF

References


Alam, Mustika (2011). Komplek Galeri Seni Lukis di Daerah Istimewa Jogjakarta. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/29277/1/Komplek_Galeri_Seni_Lukis_di.pdf.

Arsiterian (2016, 4 Mei). Pengertian dan Ciri-Ciri Aritektur Modern. Diakses dari: arsiterian.blogspot.com.

Kurniawan, B., & Kuncoro, S. (2017). Museum dan Galeri Seni Lukis di Surabaya. V(2), 1–8.

Septanto, D., Sudarwani, M. M., T, E. Y., Banjarsari, J., & No, B. (n.d.). Galeri Seni Semarang (Semarang Art Galerry) Dengan Pendekatan Arsitektur Modern. Jurnal Online Universitas Pandanaran.

Syafutri, R. F. (2018). Rumah seni lukis. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, 6(2), 157–167.

Tema, P., & Perancangan, D. (n.d.). BAB IV Analisis Perancangan 4.1. Pendekatan Tema Dalam Perancangan. 77–206.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.