PERANCANGAN GELANGGANG OLAHRAGA DI KOTA DEPOK DENGAN PENDEKATAN ECO FRIENDLY

Adit Marwan Halim, Soepardi Harris, Wiyoga Triharto

Abstract


Gelanggang olahraga yang baru di Kota Depok ini bermanfaat sebagai wadah bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas olahraga dan bagi atlet untuk mendapat pelatihan dan pembinaan guna meningkatkan kualitas diri dan juga dapat menampung kegiatan berskala nasional. Kota Depok sendiri masih belum memiliki sarana gelanggang olahraga untuk memenuhi standar serta ketersediaan fasilitas yang memadai. Tujuan penulisan adalah menampung kegiatan berskala nasional yang dapat mewadahi aktifitas dibutuhkan dalam perannya sebagai gelanggang olahraga agar bisa menyelenggarakan PON di Kota Depok. Metode Penelitian yang digunakan data primer dan data sekunder. Selain itu penulis menggunakan penekanan Arsitechture Eco Friendly, di mana bangunan mengarah pada perancangan bangunan yang mempengaruhi tingkat kenyamanan fisik serta konsumsi energi dan ramah lingkungan. Penulis dapat menyimpulkan bahwa dari perancangan gelanggang olahraga ini yaitu untuk mewadahi semua kalangan pada bidang olahraga.

Full Text:

PDF

References


Ardiani, Milla. Sustainable Arhitecture: Arsitektur Berkelanjutan. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016.

Arsitektur, J. T. (2016). Penerapan Eco-Material Pada Perancangan Bzangunan Sarana Olahraga Sasaran di Kotabaru Parahyangan. 1–8.

Gibson, Fred. (2008). Green Design and Sustainability in Sport and Recreation Facilities. Western University, The Smart Journal, Vol. 4, No. 2.

Harris, S., & Budiarto, A. (2019). PERANCANGAN GELANGGANG REMAJA KABUPATEN SUKABUMI Dengan Pendekatan Arsitektur Biomimikri Jalan Parakan salak Bojongpari Kecamatan Parakan. September.

Rahman, T., Luthfiyanti, R., & Ekafitri, R. (2007). Optimasi pencahayaan alami pada desain gelanggang olahraga indoor di kabupaten karawang. 3, 295–302.

Seminar, P., Iptek, N., Universitas, R., Banyuwangi, P., Tongkol, I., Kunci, K., Nomor, U. R. I., & Keolahragaan, S. (2018). Peran Pemerintah TerhadapPengembangan Olahraga Pariwisata Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. 1–8.

Sobirin, Z. A. (2014). Analisis Kesesuaian Desain Gedung Olahraga Baru Universitas Negeri Surabaya Terhadap Konsep Green Building. 3, 29–36.

Susanto, W. N. (2017). GELANGGANG OLAHRAGA INDOOR DI MANADO. Struktur sebagai Elemen Estetika. Daseng: Jurnal Arsitektur, 6(1), 99–105.

Syafril, R. S., Program, M., Arsitektur, S., Program, D., Arsitektur, S., & Olahraga, G. (2018). PERANCANGAN GELANGGANG OLAHRAGA MAHASISWA UNIVERSITAS. 1, 1–13.

Tri Harso Karyono. (2016). Arsitektur Tropis : Bentuk, Teknologi, Kenyamanan & Penggunaan Energi. 120.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.