PERANCANGAN PANTI SOSIAL BAGI PENYANDANG TUNADAKSA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

Alfan Nur Hidayat, Atie Ernawati, karya widyawati

Abstract


 Perancangan panti sosial di Cilandak ini merupakan panti yang diperuntukan bagi penyandang tuna daksa. (orang yang mengalami kecacatan atau kekurangan pada fisik) dengan acuan perilaku tuna daksa sesuai dengan kebutuhannya. Panti sosial tuna daksa dirancang khusus untuk mendukung para penyandang tuna daksa setelah masyarakat kurang memperhatikan dan peduli akan penyandang tuna daksa karena kebutuhan khusus terutama pada daerah Jakarta Selatan yang membutuhkan bangunan sosial bagi tunadaksa. Pendekatan arsitektur perilaku dipilih karena sangat dekat kaitannya dengan kebutuhan tuna daksa dalam aktifitas. Dengan menggunakan tema dan konsep ‘back to nature’ yakni aspek kesehatan ruang bagi lingkungan dan kota sekaligus dapat mengembangkan semangat hidup para tuna daksa dalam berkehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Septian.(2012)Tingkat gangguan pada tunadaksa sendiri dapat dikategorikan menjadi tiga

Kementrian Sosial.(2010). Pusat Data Informasi Nasional (PUSDATIN)

Devi, 2016, Pola Penataan Ruang Panti Jompo Berdasarkan Aktivitas dan Perilaku. Bandung : Universitas Katolik Parahyangan. 2016

Garcia Muthiasari, Atie Ernawati.(2018) Perancangan panti sosial untuk penyandang tunaganda dengan pendekatan arsitektur perilaku.

https://www.kajianpustaka.com/2020/07/tunadaksa.html diakses 19 Agustus 2020

www.jakarta.go.id diakses 19 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.