Peningkatan Keterampilan Guru Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic)

Santy Handayani, Irnin Agustina Dwi Astuti, Yoga Budi Bhakti

Abstract


Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru fisika melalui pelatihan pembelajaran berbasis STEM. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan analisis situasi, 80% guru masih belum memahami pembelajaran STEM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan, diskusi, dan pendampingan. Peningkatan keterampilan proses sains guru meningkat sebesar 72% dan dibuktikan dengan respon yang positif terhadap kegiatan pelatihan ini. Pelatihan ini bisa menjadi acuan bagi guru untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran fisika agar siswa dapat belajar dengan nyama, menyenangkan, dan melatih keterampilan berpikir tinggi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2015). Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019, November). Pelatihan pengelolaan laboratorium fisika bagi guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 9-14).

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Okyranida, I. Y., Asih, D. A. S., Marhento, G., Leonard, L., & Yusro, A. C. Integrated STEM Project Based Learning Implementation to Improve Student Science Process Skills.

Dewati, M., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. Peranan Microscope Smartphone sebagai media pembelajaran Fisika berbasis STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep Optik. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 4, pp. 36-42).

Kaniawati, D.S., & Suwarma, I. K. I. R. (2015). Study Literasi Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Fisika (SiNaFi) (hal. 39-48). Bandung: Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Katili, N. S., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA, SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kemdikbud.

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi Lks Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.

Sumintono, M. B., Ibrahim, M. A., & Phang, F. A. (2010). Pengajaran sains denganpraktikum laboratorium: Perspektif dari guru-guru sains SMPN di kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 120-127.

Surya, J. P., & Wahyudi, I. (2018). Implementation Of The Stem Learning To Improve The Creative Thinking Skills Of High School Student In The Newton Law Of Gravity Material. Journal Of Komodo Science Education, 1(01), 1O6-116.

Von Aufschnaiter, C., & Von Aufschnaiter, S. (2007). University students' activities,thinking and learning during laboratory work. European journal of Physics, 28(3), S51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License