Peningkatan Keterampilan Guru Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. (2015). Guru Sains Sebagai Inovator: Merancang Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Riset. Yogyakarta: Media Akademi.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019, November). Pelatihan pengelolaan laboratorium fisika bagi guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 9-14).
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Okyranida, I. Y., Asih, D. A. S., Marhento, G., Leonard, L., & Yusro, A. C. Integrated STEM Project Based Learning Implementation to Improve Student Science Process Skills.
Dewati, M., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. Peranan Microscope Smartphone sebagai media pembelajaran Fisika berbasis STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep Optik. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 4, pp. 36-42).
Kaniawati, D.S., & Suwarma, I. K. I. R. (2015). Study Literasi Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Fisika (SiNaFi) (hal. 39-48). Bandung: Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Katili, N. S., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA, SMK/MAK Matematika. Jakarta: Kemdikbud.
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi Lks Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.
Sumintono, M. B., Ibrahim, M. A., & Phang, F. A. (2010). Pengajaran sains denganpraktikum laboratorium: Perspektif dari guru-guru sains SMPN di kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 120-127.
Surya, J. P., & Wahyudi, I. (2018). Implementation Of The Stem Learning To Improve The Creative Thinking Skills Of High School Student In The Newton Law Of Gravity Material. Journal Of Komodo Science Education, 1(01), 1O6-116.
Von Aufschnaiter, C., & Von Aufschnaiter, S. (2007). University students' activities,thinking and learning during laboratory work. European journal of Physics, 28(3), S51.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |