Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kompetensi Dasar Listrik Statis Kelas IX SMP Negeri 131 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020

Erlina Rosmaida Sitorus

Sari


Peningkatan kemandirian belajar IPA siswa dapat dibuktikan dengan meningkatnya skor angket kemandirian belajar IPA siswa yaitu: sebelum tindakan rata-rata kemandirian belajar IPA siswa 63,83 atau kategori kurang, kemudian pada siklus I rata-rata kemandirian belajar IPA siswa 73,75 atau kategori sedang, dan pada siklus II rata-rata kemandirian belajar IPA siswa 84,38 atau kategori baik.

Tingkat ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 23 siswa atau 63,89 % siswa yang tuntas (KKM > 76) dengan rata-rata 71,17. Sedangkan pada siklus II sebanyak 33 siswa atau 91,67% siswa yang tuntas (KKM > 76) dengan rata-rata 83,98. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar listrik statis dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IX SMP Negeri 131 Jakarta Tahun Ajaran 2019/2020.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di. Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.