Analisis Video pembelajaran matematika tingkat SMA sederajat

Presiliani Anjarsari, Abdul Karim

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor internal media pembelajaran matematika menggunakan video pembelajaran oleh pendidik yang diaplikasikan sesuai untuk peserta didik tingkat SMA sederajat. Subjek dalam penelitian ini adalah pembelajar itu sendiri meliputi pendidik serta peserta didik tingkat SMA sederajat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Analisis Deskriptif. Penelitian yang dilakukan dengan cara “membedah” faktor-faktor internal dengan menggunakan video pembelajaran matematika tingkat SMA Sederajat. Membedah faktor internal peserta didik memiliki arti, mengkaji kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut dengan media video pembelajaran matematika. Terdapat 7 (Tujuh) faktor internal yang dianalisis meliputi Kemampuan Awal Matematis yang pengaruhnya 33,3%, Pemahaman Konsep yang pengaruhnya 100%, Motivasi Belajar yang pengaruhnya 100%, Komunikasi Matematis yang pengaruhnya 100%, Pemecahan Masalah Matematis yang pengaruhnya 75%, Penalaran Matematis yang pengaruhnya 80%, dan Berfikir Kritis Matematis memiliki pengaruh 66,7%. Kompetensi pembelajaran matematika menggunakan media video pembelajaran dapat dicapai dengan memperhatikan beberapa faktor internal. Karena tidak semua materi pembelajaran matematika tingkat SMA Sederajat relevan menggunakan media video pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembeajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90–97. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Efektivitas+penggunaan+media+video+tutorial+sebagai+pendukung&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Dd8vhMVlaLV4J

Bernard, M., & Mariam, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Fida Rahmantika, H., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 63–68. Retrieved from http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Halal Syah Aji, R. (2014). Khazanah Sains dan Matematika dalam Islam. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 2–5. Retrieved from http://tip.ppj.unp.ac.id

Ibrahim, Mujahidin, E., & Saefuddin, D. (2014). Analisis Komunikasi Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN Kabupaten Karawang). International Journal of Islamic Education, 3(2), 122–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v3i2.567

Marsigit. (2020). Sejarah dan filsafat matematika. Retrieved April 20, 2020, from Academia.edu website: https://schoolar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sejarah+dan+filsafat+matematika&oq=Sejarah+dan+filsafat+ma#d=gs_qabs&u=%23p%3D5jVX01iEHw8J

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Purnama, W., & Siti Rohmah, M. (2018). Sejarah dan Filsafat Matematika. Cimahi: kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2), 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/367

Rahmawati, N. T., & Sugianto. (2016). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Kesadaran Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran SSCS Berbantuan Schoology. Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 24–31. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Raky Andjani, T. (2018, August). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran. Pgmi Umsida, 1–14. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id./id/eprint/3722

Suparni. (2012). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Fourier, 1(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/fourier.2012.11.37-47

Suprotun, S., & Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Numerik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 653–664. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/984

Wigati, S., Sri Rahmawati, D., & Adi Widodo, S. (2018). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 810–813. Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2422


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.