Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19

Gita Kencanawaty, Chatarina Febriyanti, Ari Irawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan apa saja yang muncul bagi guru matematika karena masa pandemi covid-19. Strategi apa saja yang guru lakukan untuk tetap memberikan materi pelajaran kepada siswa sehingga siswa tetap melakukan kegiatan belajar dari rumah (BDR). Aplikasi pembelajaran apa yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dimana sampel dalam penelitian ini adalah guru yang ada di Jakarta. Riset ini dimulai dari Juli hingga Agustus 2020 dimana ini masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah provinsi Jakata. Pengambilan data dilakukan secara langsung berupa wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi kepada guru-guru ketika melakukan kegiatan pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini adalah tantangan yang dihadapi guru matematika yaitu kesiapan dari guru dalam menyajikan pembelajaran secara virtual dengan kendala keterbatasan guru dalam menggunaan teknologi dan juga akses internet yang menyedot kuota cuku banyak ketika menggunakan pertemuan virtual via zoom meting. Stategi yang digunakan oleh guru adalah dengan membuat video pengajaran terkait materi ajar lalu dibagikan kepad siswa melalui whats app group. Ada juga pertemuan digital dengan menggunakan zoom meeting dan google meet. Guru juga membuat google class room sebagai tempat memberikan absensi, materi dan tugas kepada siswa serta tanya jawab terkait materi pembelajaran yang memang masih dirasa kurang jelas oleh siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irwan, & Santaria, R. (2020). Tantangan Tenaga Pengajar dan Pelajar Terhadap Jaminan Mutu Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 259–263.

Marbun, P. (2020). Disain pembelajaran online pada era dan pasca covid-19. CSRID Journal, 12(2), 129–142.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150.

Patimah, S., Lyesmaya, D., & Maula, luthfi hamdani. (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring ( Melalui Aplikasi Whatsapp ) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98–105.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di MI/ SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa). JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 557–562.

Supriani, Y., Giyanti, & Hadi, T. S. (2020). Conjecturing Ability Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Inomatika : Inovasi Matematika, 2(2), 161–169. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.201

Yuniarti, R., & Hartati, W. (2020). Persepsi mahasiswa tentang penerapan e-learning pada masa darurat covid-19. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 158–167.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.