Analisis Literasi Sains dan Self Awareness pada Pembelajaran Kimia Secara Online di Masa Pandemi Covid-19

Anik Pujiati, Retariandalas Retariandalas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains mahasiswa dan self awareness pada pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Populasi merupakan mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah Kimia Lanjut. Perkuliahan dilakukan secara online dengan pendekatan model pembelajaran berbasis masalah, sehingga setiap pekan sebelum masuk materi akan ada lembar kerja yang harus diselesaikan oleh mahasiswa. Perkuliahan menggunakan media berupa google classroom dan grup whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif, deskriptif akan dilakukan untuk menganalisis kemampuan literasi sains dan self awarness. Sedangkan kuantitatif dilakukan untuk mencari hubungan antara kemampuan literasi sains dan self awarness mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa literasi sains peserta didik yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika Unindra yang mengambil mata kuliah Kimia Lanjut masuk dalam kategori cukup dan tidak terdapat hubungan yang antara literasi sains dengan self awareness mahasiswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arohman, Mamat dkk. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 90-92.

Fitriani, N.H. dkk. 2016. Literasi Sains Siswa SMP Kota Bandung pada Tema Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasioanal Pendidikan IPA Pascasarjana UM (ISBN : 978-602-9285-212), Vol. 1 2016.

Kemendikbud. 2017. Gerakan Literasi Nasional. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lukum, Astin. 2015. Sains Untuk Semua. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Online. (http://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/), diakses 1 Februari 2018.

Nu’man. Mulin. 2019. Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) Vol. 1. No. 1. Hal 51-58.

OECD. 2013. PISA 2012 Assesment and Analitycal Framework. Online. (http://keepeek.com) , diakses September 2016.

OECD. 2016. Science Performace (PISA) (indicator). doi:10.1787/91952204-en. Online. (http://data.oecd.org), diakses 12 Januari 2018.

Prabowo dan Fidiastuti. 2017. Mengukur Keterampilan Literasi Ilmiah Mahasiswa Tahun Pertama menggunakan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS). ISSN: 2354-8363 Bioeducation Journal Vol.I No.2 ISSN: 2354-8363. Hal 78-85.

Rahayuni, Galuh. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (e-ISSN 2477-2038) Vol. 2, No. 2, Hal. 131-146.

Rahayu, Sri. 2017. Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017.

Susilawati. 2015. Efektifitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Untuk Peningkatan Self Awareness Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Volume 5 Nomer 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.