Pemanfaatan Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Kimia

Silvia Septhiani, Diah Oga Nusantari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh pengajar, dengan menyesuaikan tren saat ini, dimana hampir semua mahasiswa menggunakan smart phone dalam kehidupan keseharian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah kimia dasar 1 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA), Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran e-learning dengan menggunakan media blog cukup efektif 91.11% mahasiswa menyatakan media blog mampu membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah kimia karena dapat dengan mudah mempelajari kimia dimanapun dan kapan pun mahasiswa ada waktu kosong tanpa harus membawa buku. Sebesar 8.82 % menyatakan bahwa media blog masih belum dapat membantu dikarenakan terkendala dalam hal biaya dan akses internet.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran . PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Dahiya, S. (2012). An E-Learning System fo Agricultural Education. Indian Reseacrh Journal of Extenation Education. [online] diakses dari www.researchgate.net

Hartanto, Wiwin. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal UNEJ

Prakorso, S. (2005). Membangun E-Learning dengan Moodle. Jakarta: Andi Opsett.

Sagita, B. (2020). E-learning sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Universitas Pendidikan Singaraja Ganesha.

Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (http://www.Depdiknas.go.id).

Sujana, N., & Rivai, A. (2002). M edia Pengajaran. Sinar Baru: Bandung

Sutisna, N. (2008). Makalah Elektronic Learning. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana UPI.

Wahyudi, Nanang. 2014. Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Islam Panca Wahana 12(10).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.