Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP/MTs untuk Kelas VIII

Lasia Agustina, Desi Nurhidayah, Yogi Wiratomo

Sari


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika SMP/MTs untuk kelas VIII yang memenuhi kriteria kelayakan isi dan penyajian menurut standar BSNP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam metode penelitian ini, hal yang ditekankan adalah kekuatan menganalisis buku pada buku teks pelajaran yang mana akan mengetahui dari suatu buku teks pelajaran berdasarkan standar BSNP. Sumber tersebut dapat diperoleh dari dokumentasi tertulis seperti buku yang akan dianalisis, kemudian diinterpretasikan secara jelas dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian ini memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 90,42% berdasarkan aspek materi dan aspek penyajian 83,83% yang sudah termasuk kriteria baik pada buku Erlangga. dan memperoleh rata-rata skor persentase sebesar 90,54% berdasarkan aspek materi dan aspek penyajian 82,54% yang sudah temasuk kriteria baik pada buku Kemendikbud. Buku teks terbitan Erlangga unggul dalam aspek penyajian sedangkan buku teks terbitan diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud unggul dalam kelayakan isi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, Y. (2018). Analisis kesalahan konsep logika pada buku ajar. MAJU: Jurnal Pendidkan Matematika, 5(2): 90.

Darnius, S. dkk,. (2019) Implemenrasi Disiplin dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa SD Negeri 2 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 1(2). Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/Konstruktivis/article/view/1344

Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fitriandini, V., Anriani, N., & Mutaqin, A.. (2019). Persepsi guru matematika di Kabupaten Pandeglang terhadap Buku Siswa Kurikulum 2013 menurut Kriteria Bell. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Universitas Siliwangi. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1103

Pane, A & Dasopang M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2): 333-350. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/0

Pusat Perbukuan. (2005). Pedoman Penilaian Buku Mata Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Singarimbun, E. dkk,. (2015). Pengembangan bahan ajar kimia inovatif pada pokok bahasan reduksi dan oksidasi berdasarkan Kurikulum 2013 Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim), 7(2):16. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk

Ulvah, S & Afriansyah, E.A. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran SAVI dan konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2):143. Retrieved from http://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf

Widodo, H. (2015). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi ekonomi Asia (MEA). Cendekia, 13(2):294. IAIN Ponorogo. Retrieved from http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/250

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of learning management systems in learning efforts during a pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy, 1(2): 62-71. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.