Pengaruh Berpikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Taufik Hidayat, Kasih Haryo Basuki

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis dan kecerdasan emosional secara bersama–sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, serta mengetahui pengaruh kecerdasana emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Tempat penelitihan di SMA N 28 Jakarta, Populasi siswa kelas 10 sebanyak 152 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mencari nilai rata-rata, modus, median, dan simpangan baku. Uji Persyaratan Analisis data meliputi Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Multikolinieritas. Teknik pengujian Hipotesis Penelitian yang digunakan adalah korelasi dan regresi ganda.Dengan hasil perhitungan berturut-turut nilai F = 24,641 dan Sig = 0,000 < 0,05; nilai t1 = 6,100 dengan Sig = 0,000 > 0,05; dan nilai t2 = 1,144 dengan Sig = 0,260 > 0,05. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara berpikir kritis dan kecerdasan emosional secara bersama–sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasana emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2010). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Asmin. (2005). Implementasi Berpikir Lateral Dalam Proses Pembelajaran Disekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan No. 05, Hal 525-53

Dalisma, Rita. (2013). Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII Smp Islam Al Ihsan Jakarta Pusat. Skripsi. Universitas Indraprasta, Jakarta.

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representative Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2)

Goleman,Daniel (2002). Emotional Intelligence (Terjemahan) . Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, O. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Kusmanto, Hadi, (2014). Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Skripsi, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon

Madhi, Jamal. (2009). Kreatif Berpikir. Surakarta. Ziyad Visi Media

Pasaribu, Nur Insan. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahkan Masalah Matematika (survei pada kelas XI SMK Kharismawita II Jakarta). Skripsi. Universitas Indraprasta. Jakarta

Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Suherman, E. Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Metematika Konteporer: Common Text Book. Edisi Revisi. Bandung: FTMIPA UPI

Uno, H. 2010. Teori Motivsi Dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.