Analisis Lingkungan Belajar dan Aktivitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19
Sari
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalis lingkungan belajar dan aktivitas belajar secara daring siswa SMP pada masa pandemi Covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan berbantuan survei. Teknik pengumpulan data yang dipakai memakai teknik komunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan media google form. Dari hasil analisis peneliti dapat menyimpulkan bahwa lingkungan belajar siswa dan aktivitas belajar daring siswa SMP pada masa pandemi Covid-19 cukup baik secara umum meski masih banyak kendala yang dialami setiap siswa, dan yang menjadi kekurangan dalam aktivitas belajar daring pada pandemi Covid-19 akan menjadi evaluasi untuk waktu yang akan datang agar lebih siap dalam menghadapi situasi darurat seperti sekarang ini.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560
Bell, S., Douce, C., Caeiro, S., Teixeira, A., Martin-Aranda, R., & Otto, D. (2017). Sustainability and distance learning: a diverse European experience? Open Learning, 32(2), 95-102. https://doi.org/10.1080/02680513.2017.1319638
Khan, M., Kazmi, S., Bashir, A., & Siddique, N. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
Madrim, S. (2020, April 13). KPAI: Siswa keluhkan pembelajaran berat di tengah wabah corona. VOA Indonesia. Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/kpai-siswa-keluhkan-pembelajaran-berat-di-tengah-wabah-corona/5369689.html
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165. https://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417
Satriawan, Y. (2020, May 3). Hardiknas: Belajar di rumah, berdamai dengan tekonologi di tengah pandemi. VOA Indonesia. Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/hardiknas-belajar-di-rumah-berdamai-dengan-tekonologi-di-tengah-pandemi/5402794.html
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful eLearning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education, 50(4). https://doi.org/10.1016Zj.compedu.2006.11.007
Syarifudin, A.S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1): 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology, 4(495). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495
WHO. (2020). Points of entry and mass gatherings. Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/technical-guidance-publications
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.