Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XII

Vinesya Talia Ovinka, Leny Hartati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat mengerjakan soal dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui tes, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Teknik Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian diperoleh yaitu jenis kesalahan konsep sebesar 96,55% , kesalahan tidak menjawab sebesar 93,1%, kesalahan operasi sebesar 86,20% dan kesalahan fakta sebesar 68,96%. Saran yang bisa diberikan untuk meminimalisir kesalahan dapat ditindaklanjuti dengan penggunaan strategi dan media pembelajaran yang tepat, pemberian remedial terkait materi yang belum dikuasai dan drill soal untuk melatih prosedur dan keterampilan matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir. 2009. “Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele”. Malang : PGMI Fakultas Tarbiyah UIN Malang Vol II (1). ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/1832/pdf. Diakses pada tanggal 19 Mei 2020.

Agustina, Lina. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelas Vii Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta. 1(1) 1-7. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/viewFile/49/50

Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoharjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 131–146.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Candraningrum, Erlina Sari. 2010. “Kajian Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Geometri Dimensi Tiga Kelas X MAN Yogyakarta I”. Yogyakarta : Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/11060059.pdf. Diakses pada tanggal 16 Mei 2020

Couto, A., &Vale, I. (2014). Pre-service teachers’ knowledge on elementary geometry concepts. Journal of the European Teacher Education Network, 9(0), 57–73. http://jeten-online.org/index.php/jeten/article/view/32. Diakses pada tanggal 11 Juli 2020.

Edi, Syahputra. 2013. Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan. Nomor 3 353-364

Jana, Padrul. 2018. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 2(2) 8-14

Sholihah, Silfi Zainatu dan Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa. 6(2) 287-298.

Taufik, Azin. 2016. Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT. 2(1): 41-54

Rachman, Ardy Fauzi dan Saripudin. 2020. “ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 04(1). https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/166/121. Diakses pada tanggal 5 Juni 2020

Suhady, Wandi, dkk. 2019. Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3 (2) 494-503

Sugiarto, Sigit., Kadir dan La Arapu. 2015. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kendari”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3(2). https://lektur.id/arti-kesalahan/. Diakses pada tanggal 18 Mei 2020.

Noviani, Jumroul, dkk. 2017. Pengaruh Realistik Mathematic Education (RME) dalam Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar dalam Bentuk Subtopik Dua Dimensi. Jurnal Education and Praktek. 8 (34) 112-126.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.