Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika

Dwi Apriliyani, Lambok Simamora, Roida Eva Flora Siagian

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik, dengan besar sampel 62 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas X TKR 2 dan kelas X TKR 3. Masing-masing kelas berisi 31 peserta didik. Kelas dipilih secara simple random sampling. Kelas dipilih dengan cara membuat undian dengan kertas untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Instrumen yang digunakan sebanyak 10 soal yang telah diuji coba. Teknik analisis data menggunakan uji t. Besar thitung = 64,26 dan besar ttabel = 2,39. Sehingga thitung > ttabel maka tolak H0. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rahmadani, dkk. (2017). Melihat dan Menganalisis Pembelajaran Matematika di SLB YPPA Padang. Jurnal Pendidikan Matematika.1(1). 32.

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13. No. 1 Halaman: 45.kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/article/download/11525/11396 (diakses tanggal 21 Juni 2016 pukul 19:18).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.