Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Sanonggoang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Agustinus E Parung, Condro Endang Werdiningsih

Sari


Pemahaman konsep adalah kemampuan diri dalam mengerti dan mengetahui dengan benar mengenai konsep, operasi dan relasi dalam matematika sehingga peserta didik mampu mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya  dengan kata-katanya sendiri  baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan kepada orang lain  sehingga orang lain tersebut benar- benar mengerti apa yang disampaikan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan jumlah soal 10 butir soal (esay) yang diberikan kepada 24 siswa. Ditemukan bahwa jumlah siswa yang mampu menjawab soal dengan benar 83, 3% yaitu nomer 1 dan 4. Jumlah siswa yang tidak mampu menjawab soal dengan benar 100% yaitu pada nomor 2, 3, 7 dan 8 siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP  N 4 Sanonggoang masih rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Handayani, isnaini, & Ramadhani, F. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Ditijau Dari Adversity Quotient. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 43–60. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2442

Helaludin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665

Purnomo. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Kuntum Wijaya Kusuma Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.