Pengaruh Disposisi Matematis dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disposisi matematis dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 36 responden dari siswa/i kelas XI (sebelas) Matematika Ilmu Alam di SMA Negeri 8 Kabupaten Tangerang, menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disposisi matematis dan kedisiplinan belajar matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dibuktikan dengan nilai Sig. α = 0,05 dan dk1 = 2 serta dk2 = 33, maka Fhitung = 157,796 > Ftabel = 3,28; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dibuktikan dengan nilai Sig. α = 0,05 dan dk = 34, maka thitung = 16,16 > ttabel = 2,03; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dibuktikan dengan nilai Sig. α = 0,05 dan dk = 34, maka thitung = 18,03 > ttabel = 2,03.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ayundhaningrum, Y., & Siagian, R. E. F. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23–32. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2060
Kurniawan, A., dan Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108.
https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v3i1.p99-108
Mayratih, G. E., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://journal.unwira.ac.id/index.php/Asimtot%0APENGARUH
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-26). Bandung: ALFABETA, cv
Sumartin, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, 5(2), 148–156.
https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Supardi. (2018). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif (VI). Jakarta Selatan: Change Publication.
Ulfah, A., Suendarti, M., dan Soeparlan. (2019). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 147–152
Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl), 2(1), 781–790. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11214
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.