Persepsi Orang Tua Siswa SDN di Pinggiran Jakarta pada Pandemi Tahun Kedua

Ristyana Suryanti, Erna Megawati, Priarti Megawanti, Galang Prasetya

Sari


Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung lebih dari satu tahun. Kegiatan belajar mengajar terpaksa masih harus dilaksanakan dari rumah. Pembelajaran tatap muka masih menjadi rencana mengingat tingkat kasus positif Covid-19 masih tinggi. Hal ini menimbulkan beragam respon dari orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua siswa di salah satu SDN daerah pinggiran Jakarta pada tahun kedua terjadinya pandemi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif secara survei dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai kendala/kesulitan yang dialami oleh orang tua maupun siswa saat pembelajaran dari rumah. Dengan adanya keluhan mengenai kendala dalam menjalani kegiatan bersekolah dari rumah, banyak orang tua siswa menginginkan pembelajaran tatap muka segera dilaksanakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyati, N. dan Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152-159.

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.

Nugroho, A., Hawanti, S., dan Pamungkas, T. B. (2021). Kontribusi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(4), 1691-1699.

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Penalaran Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665

Rahmatulloh. (2017). Dinamika Kependudukan di Ibukota Jakarta (Deskripsi Perkembangan Kuantitas, Kualitas dan Kesejahteraan Penduduk di DKI Jakarta). ISSN: 2301-6671, 8(2), 54-67.

Sahidin, L. dan Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Cara Guru Mengajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-223.

Simbolon, M. (2008). Persepsi dan Kepribadian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 52-66.

Sulvia, O. W. dan Nursalam, O. L. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Maabholu Kecamatan Loghia Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 5(1), 82-89.

Tim Penyusun. (2021). Covid-19: Sekolah dengan Pembelajaran Tatap Muka Akan Dibuka Lagi di Tengah Tingkat Infeksi yang Masih Tinggi, Pengamat: 'Logikanya di Mana, Ini Bisa Mengerikan'. Dipublikasi tanggal 24 Maret 2021. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56481233.

Walgito, Bimo. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wardani, A. dan Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782.

Widodo B. dan Lupyanto R. (2011). Pengembangan Kawasan Pinggiran Kota dan Permasalahan Lingkungan di Kampung Seni Nitiprayan, Bantul. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan Volume 3, Nomor 1, Januari 2011, Halaman 031‐051 ISSN: 2085‐1227.

Zhafira, H. N., Ertika, Y., dan Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.