Android Sebagai Media Belajar Dalam Perkuliahan, Mitos Atau Fakta?
Sari
Penelitian survai deskriptif ini dilaksanakan guna memenuhi suatu kaidah ilmiah yang disusun dengan tujuan untuk: (1) Mengungkap fakta apakah media digital berupa software yang terpasang di android dapat digunakan untuk mobile pelaksanaan perkuliahan; dan (2) Menjadikan mahasiswa mampu aktif dan kreatif mencari media belajar yang instant dan sifatnya digital berupa software yang terpasang di android, untuk dapat secara mobile digunakan dalam aktivitas perkuliahan. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 560 orang mahasiswa dari satu angkatan, yaitu semester enam untuk jenjang S1 Pendidikan Matematika di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Jumlah sampel terpilih sebanyak 235 responden. Adapun teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil penyebaran angket. Pengolahan data hasil penelitian berupa deskripsi hasil perolehan angket dari responden. Berdasarkan penelitian yang sudah terlaksana ini, dapat disimpulkan bahwa android sebagai media belajar dalam perkuliahan, merupakan sebuah fakta, akan tetapi ketersediaan software berbasis android yang spesifik untuk mata kuliah khusus di S1 Pendidikan Matematika belum memadai, baik pilihan variasi, efektivitas maupun efisiensi kerjanya dalam perkuliahan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Binangun, H. H. dan Hakim, A. R. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2): 204-214.
Juraman, S. R. 2014. Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. Didownload dari media.neliti.com.
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rakhmat. J. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Rooijokkers. 2003. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Grasindo.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.