Pengaruh Self-Concept Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 275 Jakarta

Nindy Cahyani Haditia, Arfatin Nurrahmah, Sumiah Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruhself-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelasional. Sampel diperoleh dari kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes soal. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakanbantuan MS. Excel 2016 terdiri dari analisis data statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data, uji hipotesis penelitian dan uji hipotesis statistik, berdasarkan hasil penelitian didapatkankesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antaraself-concept terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikanamun masih tergolong rendah, sebesar 21,22% sedangkan 78,78% keberadaan skor kemampuan pemecahan masalah matematikadipengaruhi faktor (variabel) lain.

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.