Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Perbandingan

Tia Fitri Nuraini, Arif Rahman Hakim, Condro Endang Werdiningsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada materi perbandingan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Bekasi sebanyak 29 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Instrumen Penelitian enam butir soal tipe essai yang sudah dinyatakan valid secara konstruk dan isi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terdeskripsikan bahwa subjek berkemampuan tinggi dapat mencapai lima indikator, subjek berkemampuan sedang dapat mencapai empat indikator, dan subjek berkemampuan rendah dapat mencapai tiga indikator. Persentase yang didapatkan di mana untuk kategori tinggi didapatkan 5 orang siswa dengan persentase 17%, untuk kategori sedang didapatkan 20 orang siswa dengan persentase 68%, dan kategori rendah didapatkan 4 orang siswa dengan persentase 13%. Dengan demikian, secara keseluruhan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Bekasi tergolong kategori sedang dan nilai rata-rata siswa 44,12

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, S. Wijaya, T. T. & Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis SIswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-22. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/29.

Andini, S. F. & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 343-354. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6720/0

Ardilla, A. & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda. PYTHAGORAS, 6(2), 175-186. https://www.journal.unrika.ac.id/.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi Cet IX. Jakarta: Bumi Aksara

Budianti, A. & Jubaedah. D. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswadi Smpn 10 Cimahi Pada Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 20-28. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/48.

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual Dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Matematik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding DPNPM Unindra 2019, Jakarta. Hal. 555-564. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933/354

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Soemarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Rahmawati, Usodo, & Chrisnawat. (2017). Analisis Kemampuan komunikasi Matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Sukoharjo Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 3(1), 61-70. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11461.

Sarumaha, K. S. Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV di SMPN 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-14. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/view/342/280

Hendriana, H. & Sormarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124-133. http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599/pdf

Supadi. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. UNJ Press. Jakarta.

Syafina, V. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. MAJU, 7(2), 118-125. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/vi.

Umayah. Hakim, A. R. & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.

Wijayanto, A. D. I., Fajriyah, S .N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2664.

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal cendekia; Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 2019-219. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/95.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.