Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Nurul Utami, Witri Lestari, Napis Napis

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan tes matematika. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa angket kecerdasan emosional sebanyak 19 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebanyak 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunkana adalah Uji F dan berdasarkan uji linear regresi menggunakan uji F menunjukkan Fhitung sebesar 1,75 dan Ftabel sebesar 1,561. Pada taraf signifikan 5% atau (α = 0,05) dan persamaan regresi Y̅ = 42,45+ 0,44????̅. Berdasarkan perhitungan korelasi sederhana dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung sebesar 0,73. Dengan demikian H0 ditolak dan disimpulkan terdapat pengaruh kecerdasan emosional (X) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (Y).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Golemen, Daniel. (2017). Kecerdasan Emosional, Emotional Intelligence, terjemahan T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Innasyithoh, Annisa. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Di MIN Bandar Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Khoiri, Titi S. (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosioanl Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’aruf NU Kaligiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Brebes: IAIN Purwokerto.

Pudji, Astuti. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Vera. (2020). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jakarta: UNINDRA.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.