Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika

People Refa, Nurhayati Nurhayati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII SMP Negeri 282 Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 238 siswa dan jumlah sampel yang dambl sebanyak 36 siswa.. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa angket efikasi diri sebanyak 25 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebanyak 7 butir soal berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunkan adalah Uji F dan berdasarkan uji linear regresi menggunakan uji F menunjukkan Fhitung sebesar 42,25 dan Ftabel sebesar 4,13. Pada taraf signifikan 5% atau (α = 0,05), menyatakan bahwa Fh > Ft . Hal tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri (X) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (Y). Adapun besarnya pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 56,25%. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 8,41 + 0,83X .

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, S. N., Kusuma, A. B., & Purwokerto, U. M. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis. Jurnal MathEdu, Vol.4 No.2, 313–320.

Berpikir, K. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Kepustakaan Nurul Rafiqah Nasution 1 , Edy Surya 2.

Haryani, D., & Palangkaraya, U. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 1980, 121–126.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. JKPM(Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6, No.1 (2020), 141–148.

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri ( Self Efficacy ) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol.6, No .1, 39–45.

Suhartono, S. (2018). Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Matematika Dan Pembelajaran, Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 2, 215. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.671

Yuliyani, R. (2017). Peran Efikasi Diri ( Self Efficacy ) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan. Jurnal Formatif 7(2), 130–143.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.