Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Luring dan Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Ananda Mutia, Intan Wulandari, Pinka Anisatu Itsar, Yuni Nur Fallah Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model
pembelajran daring dan luring mata pelajaran matematika pad masa pandemi
Covid-19 di SMK Negeri 10 Kota Bekasi dan SMA Negeri 104 Jakarta Timur.
Pembelajaran tatap muka merupakan suatu proses yang panjang agar mencapai
hasil yang lebih. Dalam masa ini pemerintah memberikan kebijakan agar
semua peserta didik melakukan pembelajaran daring, hal ini diterapkan guna
meminimalisir penyebaran Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan sampel yang dilakukan
dengan random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
menggunakan data dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa ada perbedaan model pembelajran matematika di SMK
Negeri 10 Kota Bekasi dan SMA Negeri 104 Jakarta Timur. Dari hasil
penelitian memberkan gambaran bahwa metode pembelajaran dengan hasil
belajar siswa menggunakan metode pembelajaran luring.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Abidin, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Musoffa, S. (2021). Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.