Anyaman Bambu Sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Siswa Sekolah Dasar

Indri Kartikasari, Indra Martha Rusmana, Farah Indrawati

Sari


Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan anyaman bambu sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas V B SD Imtaq Darurrahim yang berjumlah 25 siswa. Anyaman bambu yang digunakan berupa nyiru, hihid, dan besek Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidisi untuk media pembelajaran (15 pernyataan), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan “siswa kelas V B Imtaq Darurrahim lebih senang menggunakan anyaman bambu sebagai media pembelajaran”

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim, A. R. (2015). Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual Dan Sikap Peserta Didik Pada Pelajaran Matematik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Jakarta 26 Agustus 2015, 47-54.

Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Clock Set terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 197-202. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/124

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/483/512

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11-22. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1911/2196

Mohammad. (2020). Etnomatika Pada Pembuatan Kerajinan Anyaman Bambu Di Desa Jatisari Lumajang Sebagai Bahan Ajar Geometri. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Sugiyono. (2013) . Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Umayah., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075.

Wijayanto, Z. (2013). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Small Group Work pada Siswa Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 33- 39. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/6/436

Wijayanto, Z. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Purworejo. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2): 427 - 438. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/512/473#

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan tematik, 2(1), 139-146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.