Analisis Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Jonggol pada Materi Operasi Aljabar

Lin Mas Eva, Mailizar Mailizar

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Jonggol dan Mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Jonggol. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP 1 Jonggol sebanyak 16 peserta didik. Subjek Penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. hasil wawancara, dan dokumentasi maka hasil penelitian diperoleh bahwa Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VII SMPN 1 Jonggol dikategorikan menjadi 4 yaitu Peserta didik yang mencapai kategori pemahaman konsep tinggi dengan persentase sebesar 12,5%, peserta didik yang mencapai kategori pemahaman konsep sedang dengan persentase sebesar 62,5%, peserta didik yang mencapai kategori rendah dengan presentase 18,75%, dan peserta didik yang mencapai kategori sangat rendah memperoleh persentase sebesar 6,25%. Faktor penunjang dalam mempengaruhi tingkat pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMPN 1 Jonggol adalah kemauan dan kemampuan dari dalam diri masing- masing peserta didik dan faktor yang terdapat di sekitar peserta didik seperti fasilitas, daya dukung orang tua dan motivasi diri. penelitian ini dapat dijadikan sebuah bahan pertimbangan agar peneliti selanjutnya dapat mengadakan penelitian dengan lingkup yang lebih luas, misalnya dalam membuat program untuk pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kususnya pada pembelajaran jarak jauh dan bahan referensi penelitian yang menarik, karena selama ini pemahaman konsep peserta didik menjadi perhatian utama baik bagi pendidik dan pelajar karena dampaknya yang sangat besar khususnya pada pelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiati, Afni. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Asy-Syuhada. Skripsi.

Adhiska, D. P., Fathurrohman, M., Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis peserta didik pada Materi Aljabar. WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, Universitas Tirtayasa, 1(1), 64-72.

Akhwan, A., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 1 Gambut. EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 159

.

Gurria, A. (2015). Program for International Student Assessment (PISA). https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2015-results-overview.pdf, diakses 23 maret 2021.

Mustofa, A. A., & Tuhartoo, M. S. (2018). Efektifitas Penerapan Model Pembelajarran Kooperatif

Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan MatematikaS1, 7(2), 48-57.

Septiani, L., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 28–41.

Wahyuni & Karimah. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2): 232-233.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.