Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdiyani, S.S. Khabibah. & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2): 123-134. http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774
Abdussakir. (2012). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah, 2(1): 1-12
Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesia Journal of Mathematics and Natural Science Education. 1(3): 182-192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3
Alfatin A L, Oktiningrum W. 2019. Pengembangan Soal HOTS Berbasis Budaya Jawa Timur Untuk Mengukur Penalaran Siswa SD. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1) :30-43.
As’ari, A.R dkk. (2019). Mengembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skill) Melalui Matematika. Malang: UM Press
Brookhart, S. M. (2012). How to Assess Higher-Order Thinking Skill in Your Classroom. Alexandria: ASCD
Dewi, L.P. & Rahmawati, N.D. (2022). Ethnic-Math HOTS Pada Kue Kering Homamade Iedul Fitri 1443 Hijriah. Jurnal Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 85-90
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. Circle: Jurnal Pendidikan matematika, 1(2): 89 – 108. https://doi.org/10.28918/circle.v1i02
Moore, B., & Stanly, T. (2010). Critical thinking and formative assessments. Larchmount, New York: Eye on Education, Inc.
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1): 48-51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). Ekplorasi Kembali Etnomatematika Pada Jajanan Pasar Di Daerah Cileungsi. Jurnal Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 76-84
Nurmaya, R. Herawati, R. & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 123-129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941
Rahmawati, N.D. Mardiyana. & Usodo, B. (2015). Profil Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Yang Berkaitan Dengan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(5): 508-517
Rahmawati, N.D. Amintoko, G. & Faizah, S. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Fungsi Pembangkit. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 5(1): 21-31
Rahmawati, N.D. (2020). Pengembangan dan Penyelesaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar.Yogyakarta: Deepublish
Rahmawati, N.D. Rodliyah, I. & Saraswati, S. (2021). Pembelajaran Berorientasi HOTS Sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG, JOMBANG, 15 November.
Risdiyanti, I. & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Ekplorasi Dalam Permainan Tradisional Jawa. Jurnal of Medives. 2(1): 1-11. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Zayyadi, M. (2017). Ekplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma. 2(2): 35-40. http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124
Sintiya, M. W. Astuti, E.P & Purwoko, R.Y. (2021). Pegembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Motif Batik Adi Purwo Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 6(1): 1-15. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.12556
Sulistyani, A.P., dkk. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22-18. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537
Syafii (2018). Diresmikan Jokowi, Begini Profil Museum Islam Indonesia di Tebuireng. (Online)(https://regional.kompas.com/read/2018/12/19/13345101/diresmikan-jokowi-begini-profil-museum-islam-indonesia-di-tebuireng?page=all
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.