Penerapan Model Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Titis Dwi Nurhannisa, Aritsya Imswatama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematical Education (RME) pada pembelajaran matematika kelas IV SD Islam Al-Fatah Kota Sukabumi pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Al-Fatah dan upaya penanggulangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah Tahun 2022 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengisian LKS untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hapsari, R.A.P. (2016). Penerapan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pati Wetan 02 Pati Tahun Pelajaran 2015/2016.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 49-61.

Masvianti. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Penyelesaian Masalah KPK dan FPB dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 1 (1), 31-39.

Kurnia, Ida. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 1 Karangmangu. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6 (1), 74-79.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.