Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Yang Berkaitan dengan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan untuk menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar pada peserta didik kelas X di SMK Fensensius dan SMK Mandala Tiara Bangsa. Jenis metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif atau studi kasus. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Apos yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap aksi, tahap proses, tahap objek dan tahap skema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar terdiri atas tiga komponen yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan skill, persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar meliputi kesalahan konsep sebesar 40% (tergolong sedang), kesalahan prinsip sebesar 20% (tergolong tinggi) dan kesalahan skill sebesar 20% (tergolong rendah), faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Analisis kesalahan, Matematika, Bilangan berpangkat dan bentuk akar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas
Hudojo, Herman. 1993. Mengajar Belajar Matematika. Surabaya: Usaha Nasional
Purwanto, M. N. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.