Pengaruh Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa

Condro Endang Werdiningsih, Sudiyah Anawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa kelas IX SMP Harapan Bangsa, Depok. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji linearitas regresi, dan uji multikolinearitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati, S., Suhartono, S., & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1974–1984. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1047

Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran abad 21. In Pembelajaran abad 21 Yogyakarta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1145389

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Marina, Sumartoyo, & Mutakin, T. Z. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (Survei pada Siswa Kelas XI SMA di Depok). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 120–128. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/6056

Masela, M. S. (2020). Pengaruh Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Prososial Pada Remaja. Psikovidya, 23(2), 214–224. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i2.149

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173

Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sdn Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222. https://doi.org/10.21009/jpd.062.04

Shintaviana, F. V., & Yudarwati, G. A. (2014). Konsep diri serta faktor-faktor pembentuk konsep diri berdasarkan teori interaksionisme simbolik (Studi kasus pada karyawan kantor kemahasiswaan, alumni dan Campus Ministry, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). 1–15.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Utari, D. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA Gajah Mada T.P 2016/2017. Research Repository, 1302030210, 118. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12779

Widiarti, P. W. (2017). Konsep diri dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa smp se kota yogyakarta (Self-concept and interpersonal communication in mentoring junior high school students in yogyakarta). INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi (INFORMATION: Study of Communication Science), 47(1), 135–148.

https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/view/15035

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332

Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144–1151. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/513


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.