Analisis Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Pinka Anisatu Itsar, Nasya Rasya Afifah, Meina Risma Purrani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa kelas X Teknik Mekatronik SMKN 10 Bekasi dalam proses pembelajaran matematika. Konsentrasi merupakan modal utama bagi siswa dalam menerima materi ajar serta menjadi indikator berhasilnya pelaksanaan pembelajaran. Konsentrasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya gangguan dari luar, dapat dikatakan semua hal yang berada di luar diri seseorang dapat menjadi pengganggu konsentrasi belajarnya. Ciri-ciri seseorang yang tidak konsentrasi antara lain sering bosan terhadap sesuatu hal, selalu berpindah tempat, tidak mendengarkan ketika diajak berbicara, mengalihkan pembicaraan, sering mengobrol, dan mengganggu teman lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan sampel yang dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan data dokumentasi, wawancara, dan observasi. Dari hasil penelitianmemberikan gambaran jika konsentrasi siswa rendah, maka akan menimbulkan aktivitas yang berkualitas rendah pula serta dapat menimbulkan ketidakseriusan dalam proses pembelajaran dan pemahaman terhadap materi pelajaran pun menjadi kurang.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.