Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Ramadhan

Dessy Rieta Wachyuni, Arvin Efriani

Sari


PISA (Program for Internasional Student Assesment) merupakan sebuah program penilaian terhadap pendidikan yang memantau proses tercapainya belajar pada siswa SMP berusia 15 tahun. Ramadhan menjadi salah satu konteks sosial dengan kriteria soal PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika model PISA konteks Ramadhan dan mengetahui kemampuan literasi matematika terhadap siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengembangan dengan fokus pada tahapan self-evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII.A SMP Srijaya Negara Palembang dengan tingkat kemampuan beragam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa siswa hanya mampu menjawab soal model PISA sampai level 2 saja dan dengan memperhatikan tahap expert review, one-to-one, dan small group sehingga diperoleh soal dengan konteks Ramadhan ini dapat dijadikan soal model PISA yang valid dan praktis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, & Dewi, S. (2018). Pengembangan Soal Tipe PISA Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi, PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 78-86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i2.34

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444

Efriani, A., Putri, R. I. I., & Hapizah, H. (2018). Row Sport Context in PISA Like Mathematics Problem. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 757–765. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.9113

Efriani, A., Febriyanti, Q. A., Zahra, A., & Ramury, F. (2021). Soal Tipe PISA : Konteks Peningkatan Kasus Covid-19. 4(1), 1–10.

Efriani, A., Nabila, N., Jannah, A., & Agustiani, R. (2020). Implementasi Konten Covid - 19 Pada Soal Tipe PISA : Pengujian Validitas. 3(2), 56–68.

Hidayanto, T., Kamaliyah, K., Ramadhan, M. R., & Anwar, M. A. (2022). Identifikasi Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyusun Soal Literasi Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 215. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14595

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615

Kartika Sari, Y., & Efriani, A. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 89–99. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677

Kurniawan, D., & Dewi, S.V. (2017).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiangarajan . Jurnal Siliwangi, 3(1), 214-219.

Lutfianto, M., & Sari, A. F. (2017). Respon Siswa terhadap Soal Matematika Mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108. https://doi.org/10.29408/jel.v3i2.342

Puspa, E. F. (2015). Pengembangan soal matematika model pisa untuk mengetahui argumentasi siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 124–147.

Rachmah, F. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA : FORMULATE DAN EMPLOY. 3(2), 56–64.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H.. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman relaional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Penelitan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.

Safitri, A., & Khotimah, R. P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Gaya Kognitif. 4(1), 24–34.

Seminar, P., & Matematika, N. (2023). Telaah Model Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 334–341.

Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948

Sutama, S., Sofia, S., & Novitasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa Dalam Konten Perubahan Dan Hubungan Pada Siswa Smp. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 29–36. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10216

Sutini. (2019). Kemampuan Metakognitif dan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 32-47. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.32-47

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 40-53. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11408

Yena Nurlia Adawiyah, Nur Eva Zakiah, L. N. Z. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 198–206.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrument Penelitian Kuantitaif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.

Yunika Putra, Y. dkk. (2016).Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konetn Bilangan Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14-16


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.