Analisis Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPS Amal Mulia 2 Cileungsi
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-D SMPS Amal Mulia 2 Cileungsi dengan banyak subjek yang diteliti adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan memberikan angket kemandirian belajar yang terdiri dari 20 pernyataan dengan 8 indikator. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus persentase jawaban siswa dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata secara keseluruhan kemadirian siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 54,59% yang diperoleh dari 30 siswa yang mengisi angket. Berdasarkan hasil persentase tersebut bahwa sebagian besar siswa mampu secara belajar mandiri, namun mengingat pentingnya kemandirian belajar siswa maka harus selalu ditingkatkan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anzora. (2017). Analisis Kemandirian Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Teori Belajar Humanistik. Jurnal Gantang, 2(2), 99-103. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.200
Astuti, E. P. (2016). Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP/ Mts di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(2), 65–75.
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Nurhafsari, A. (2019). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97–107. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051
Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638
Zamnah, L. N. (2017). HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CIPAKU. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.