Eksplorasi Etnomatematika Pada Jajanan Tradisional Khas Betawi

Elvina Dwiyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentukgeometri dan bangun ruang pada jajanan tradisional khas Betawi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatankualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian iniialah para pedagang di lingkungan Kampung Budaya SetuBabakan dengan banyak subjek yang diteliti adalah 5 pedagang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah denganobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat konsep matematika pada bentuk jajanan tradisionalBetawi yaitu unsur geometri seperti segiempat, lingkaran, balok,kerucut, dan tabung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abi, Alfonsa M. (2017) Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah.Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1(1), 1-6.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Hutauruk, A. J. B. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 58–62.

Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual learning with Ethnomathematics in enhancing the problem solving based on thinking levels. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 331–344.

Nuryadi, N., Kurniawan, L., & Kholifa, I. (2020). Developing mobile learning based on ethnomathematics viewed from adaptive e-learning: Study of two dimensions geometry on Yogyakarta palace’s chariot. International Journal of Education and Learning, 2(1), 32–41.

Permata, J. I., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2021). Ethnomathematics : Geometry and Values from Architecture of the Radakng House in Sahapm Village. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 611(1), 495–499.

Wulandari, I., & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya Dan Implikasinya TerhadapPembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 409.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.