Studi Pendahuluan Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPIT Ummul Quro

Zahra Novinka Isnansyah, Huri Suhendri, Nurhayati Nurhayati

Sari


Tujuan dari penelitian studi pendahuluan ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPIT Ummul Quro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif desktiptif. Teknik analisis yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Waktu pelaksanaan di minggu pertama bulan Mei. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII di SMPIT Ummul Quro. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di SMPIT Ummul Quro berpusat pada siswa, dimana siswa cenderung aktif, tetapi ragu dalam menjawab pertanyaan yang diarahkan guru. Hasil wawancara menunjukkan bahwa dalam hal pelajaran matematika siswa tidak mampu memahami dan mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi beserta konsep dasarnya belum dikuasai. Hasil dokumentasi menunjukkan bahwa nilai ulangan siswa pada materi bangun ruang sisi datar di bawah KKM dan menjadi nilai rata-rata terendah dibandingkan materi lainnya di semester genap. Dan siswa kelas VIII-E dan VIII-F menjadi nilai rata-rata terbawah dari kelas VIII lainnya pada materi tersebut. Kesimpulan dari studi pendahuluan ini adalah kemampuan dalam   memecahkan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar yang tidak sesuai harapan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, M., Suyitno, H., Dewi, NR., & Wardono. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning Era Disrupsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2 hlm. 376-383.

Restianingsih, A., Yuhana, Y, Anriani, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Self Confidence Siswa. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo, 14 (1) hlm. 66-79.

Silalahi, S., Nasution, T., Suriyani, & Siregar, W. (2022).Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3) hlm.1835-1846.

Sugiyono. (2022). Metode Peenelitin Kuantitatif, Kualtatif,dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhendri, H., Mailizar, Ningsih, R., & Retnowati, R. (2020). Analisis Literasi Teknologi Informasi Guru Matematika SMK Swasta Jakarta Selatan Ditinjau dari Aspek Manajemen Pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4 (2) hlm. 291-302.

Taufiq, D. A. & Basuki. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2) hlm. 303-314.

Utari, S. W. H ., Dwijanto., & Dewi (Nino Adhi). (2020). Proses Kemampuan Pemecahan Matematika Berdasarkan Polya Berbantu Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Yulianto, G. D., Suastika, I K., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pi: Mathematics Education Journal, 2 (1) hlm. 7-13.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.