Buku Ajar Matematika Berorientasi STEM Context Terintegrasi Challenge Based Learning Berbantuan Google Site Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Fachrezi Bayu Purnama, Adi Satrio Ardiansyah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh kajian ilmiah sebagai pedoman dalam merancang buku ajar matematika berorientasi STEM Context terintegrasi Challenge Based Learning (CBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan studi literatur dengan mengkaji artikel penelitian yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar matematika berbasis CBL-STEM dapat dikembangkan dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Inovasi model pembelajaran CBL yang diterapkan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis melalui kerangka pembelajaran kolaboratif. Permasalahan yang diterapkan di dalam model CBL menggunakan soal-soal terintegrasi STEM. Siswa tidak hanya fokus kepada penyelesaian persoalan matematika, namun dalam menyelesaikan persoalan siswa dapat menggunakan pengetahuan lain yang termasuk ke dalam STEM. Google Site juga berperan sebagai sumber referensi serta mengoptimalkan proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansyah, A. S., Agung, G. H., Cahya, N. D., & Dinasari, A. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 627–637. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Asnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Jurnal Euclid, 3(2), 474-603

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Asikin, M., Nurhidayat, M. F., & Ardiansyah, A. S. (2021, June). Development of STEM-nuanced textbook to improve students’ mathematical communication skill. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 4, p. 042064). IOP Publishing.

Billa, R. F. S., & Siregar, T. M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294-302.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, I. (2014). Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Perbedaan Jender. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 1–12. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2055

Fajrina, S., Lufri, L., & Ahda, Y. (2020). Science, technology, engineering, and mathematics (STEM) as a learning approach to improve 21st century skills: A review. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(7), 95–104. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i07.14101

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Hirschfeld-Cotton, K. (2008). Mathematical Communication, Conceptual Understanding, and Students' Attitudes Toward Mathematics. Action Research Projects. 4.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Microsoft. (2021). Transform learning with 21st century learning design. Microsoft. https://education.microsoft.com/en-us/course/8220d07e/overview

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Prinsiples and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM. National Council of Teachers of Mathematics. (2003). NCTM Program Standards. Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers. [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/ [ 10 Maret 2008].

Nichols, M., Cator, K., Torres, M., & Digital Promise and The Challenge Institute. (2016). Challenge Based Learner User Guide. 59.

Ningrum, O.D., & Caswita (2016). Kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran berbasis inquiri. Prosiding, ISBN: 978 –602 –1150 –19 –1 , hal 748.

OECD. (2018). PISA Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Ritz, J. M., & Fan, S. 2014. STEM and Technology Education: International State of the Art. International Journal of Technology and Education, 25(4): 1-23

Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 13.

Suryadi, D. (2008). Critical Issues on Mathematical Communication: Lesson Learn from Lesson Study activities in Indonesia.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Developing Mathematics Teaching Materials Using Open-ended Approach to Improve Critical and Creative Thinking Skills of SMA. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41-47.218.

Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. EduHumaniora, 6(2), 111. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/4575/3173.

Yoosomboon, S., & Wannapiroon, P. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2102–2107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.008


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.