Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Pembelajaran Matematika

Titi Sugiarti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran model kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental yang didesain dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Kencana dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes yang diberikan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbentuk uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan t-tes satu pihak dan dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan oleh model NHT dengan mereka hasil yang diterapkan oleh langsung model pembelajaran. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa hasil yang diterapkan oleh model NHT lebih baik daripada hasil belajar siswa rata-rata yang diterapkan oleh model pembelajaran langsung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifiani, (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT=TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(1).11- 20.

Aris Shoimin, (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Astutik, dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bilangan Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Surakarta. Dalam Jurnal Elektronik Pembelajaran Mateatika.[Online]. Vol 4 (1), 9 halaman. Tersedia:https.//eprints.uns.ac.id/17175/1/ Halaman_Awal.pdf. [30 Januari 2018].

M. Sobry Sutekno, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect Sudjana. (2004). Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sudjana ,(2005). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto,(2010). Belajar & Faktorfaktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto,(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Surabaya: Kencana.

Yansen, I K.E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMPN 9

Palu. Dalam Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika.[Online], Vol 3 (2), 12 halaman. Tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind ex.php/AKSIOMA/article/view/7 983/6317. [30 Januari 2018].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.