Etnomatematika pada Bentuk Alat Musik Tradisional Angklung

Yusi Nur Apriliana, Maya Nurfitriyanti, Rahmatullah Rahmatullah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etnomatematika pada bentuk alat musik tradisional angklung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif pendekatan etnografi dengan metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika yang ada pada alat musik angklung meliputi: Geometri dua dimensi yaitu lingkaran dan persegi panjang, Geometri tiga dimensi yaitu tabung, dan terdapat pula pola bilangan barisan aritmatika serta posisi tinggi rendah tabung yang mempengaruhi suara angklung. Hasil penelitian Etnomatematika ini dapat dijadikan sumber pembelajaran matematika berbasis budaya untuk menumbuhkan karakter-karakter positif bagi pendidik maupun peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arlieza, R., Supriadi, N., & Pratiwi, D. . (2020). Aktivitas etnomatematika pada adat dan budaya masyarakat Lampung di Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Prosiding Seminar …, 63–68. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/71%0Ahttps://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/viewFile/71/59

Damaningrum, A., & Budiarto, M. T. (2021). Etnomatematika Alat Musik Kesenian Reyog Ponorogo ditinjau dari Aspek Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i1.15254

Darmayasa B Jero. (2020). Ethnomatematics Sebagai Project Pendidikan Matematika Pra-saat Pasca Pandemic Covid-19. Peneliti Muda Pendidikan Matematika, 1–12.

Darmayasa, J. B. (2020). Etnomatematika dalam Transposisi Akord Ende Mandideng. Ethomatematics: Matematika Dalam Perspektif Budaya, 33–40. http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3963/Prosiding-Webinar-Nasional.pdf?sequence=14&isAllowed=y#page=38w

Dominikus, W. S. (2017). Etnomatematika: Matematika dalam Budaya. Conference: Seminar Prodi. Pendidikan Matematika FKIP Undana.

Hasbullah, J. dan A. M. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24.

Hidayatulloh, N., & Hariastuti, R. M. (2018). Kajian Etnomatematika Angklung Paglak Banyuwangi. AKSIOMA, 7(3), 380–389.

Juju Kartini, A. . (2019). ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI NILAI FILOSOFIS DAN KONSEP BARISAN ARITMATIKA PADA ALAT MUSIK ANGKLUNG. Universitas Siliwangi.

Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.14710/sabda.v10i2.13248

Masiswo, M., Mandegani, G. B., & Atika, V. (2016). Karakteristik Angklung Berbahan Bambu Apus (Gigantochloa apus). Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 32(1), 41–50.

Nurannisa, A., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Syaifullah, A. (2021). Analysis of Student Responses to Online-Based Mathematics Learning With Integration of Local Wisdom Sulapa Eppa Walasuji. International Conference on Education, Teacher Training, and Professional Development (ICE-TPD), August, 51–56.

Rosyadi, R. (2012). Angklung: dari Angklung Tradisional ke Angklung Modern. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 4(1), 25–38.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.