Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Pada Materi Volume Kubus dan Balok Di SD Negeri Tanjung Barat 01 Pagi
Sari
Abstract: The study aims to describe the ability to understand mathematical concepts of fifth grade students at Tanjung Barat 01 Pagi Elementary School. Thjs type of research uses qualitative reasearch with the Puspotive Sampling methode. The subjects in this study were used in class V-B Tanjung Barat 01 Pagi Elementary School consisting of 23 students. The data collection technique used is the test. The instrument used was a test about the description of students' conceptual understanding of the volume of cubes and blocks. The results showed that the level of understanding of the mathematical concepts of the volume of cubes and blocks with a medium mix were as much as 30%, and students who had an understanding of the mathematical concepts of the cube material and beams with low criteria as much as 22%.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dari pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD Tanjung Barat 01 Pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode Puspotive Sampling. Subjek dalam penelitian ini digunakan pada siswa kelas V-B SD Tanjung Barat 01 Pagi terdiri 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Instrumen yang digunakan menggunakan tes soal uraian kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep matematika materi volume kubus dan balok pada kriteria tinggi sebanyak 48%, siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi volume kubus dan balok dengan kriteria sedang sebanyak 30%, dan siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi kubus dan balok dengan kriteria rendah sebanyak 22%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arnidha, Y. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam
penyelesaian bangun datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53-61. https://ojs.stitmultazam.ac.id/index.php/JPGMI/article/viewFile/22/17
Eriana. Kartono. & Sugiono. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students
Self-reliance towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) on Jigsaw
Techique. Journal of Primary Education, 8(2), 176-183. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25984
Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 169-176. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8214
Hasibuan. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun
Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1766
Intan, F., Pra, F., & Dewi, U. (2022). Matematika dan Tata Bahasa : Analisis Filsafat Matematika
dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional
Matematika, 5, 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kurniawati, R., Saputra, H. J., & Kiswoyo, K. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS
V SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG POKOK BAHASAN BANGUN RUANG
ISI DATAR KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS.
Wawasan Pendidikan, 3(1), 440-452. https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/12109
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa
SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). https://media.neliti.com/media/publications/503627none-3c118fa0.pdf
Purwanti, R.D. Pratiwi, D.D. & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra
terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/9699
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5
sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111. https://scholar.google.com/scholar?lookup=0&q=Analisis+Pemahaman+Konsep+Matematika+Siswa+Kelas+V&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1682703306873&u=%23p%3DiYqQP4g1xL8J
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan
pemahaman matematis siswa kelas IX pada materi bangun ruang. Union, 6(1), 356809. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:x4FRVv7nj-YJ:scholar.google.com/+Wijaya,+T.+T.,+Dewi,+N.+S.+S.,+Fauziah,+I.+R.,+%26+Afrilianto,+M.+(2018).+Analisis+kemampuan+pemahaman+matematis+siswa+kelas+IX+pada+materi+bangun+ruang.+Union,+6(1),+356809.+&hl=id&as_sdt=0,5 (http://www.apastyle.org/).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.