Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Pada Materi Volume Kubus dan Balok Di SD Negeri Tanjung Barat 01 Pagi

Nurul Arifin, Alfiya Farhah, Rossi Dwika Heryani, Fhadia Nur Baiti, Huri Suhendri, Rita Ningsih

Sari


Abstract: The study aims to describe the ability to understand mathematical concepts of fifth grade students at Tanjung Barat 01 Pagi Elementary School. Thjs type of research uses qualitative reasearch with the Puspotive Sampling methode. The subjects in this study were used in class V-B Tanjung Barat 01 Pagi Elementary School consisting of 23 students. The data collection technique used is the test. The instrument used was a test about the description of students' conceptual understanding of the volume of cubes and blocks. The results showed that the level of understanding of the mathematical concepts of the volume of cubes and blocks with a medium mix were as much as 30%, and students who had an understanding of the mathematical concepts of the cube material and beams with low criteria as much as 22%.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dari pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD Tanjung Barat 01 Pagi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode Puspotive Sampling. Subjek dalam penelitian ini digunakan pada siswa kelas V-B SD Tanjung Barat 01 Pagi terdiri 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Instrumen yang digunakan menggunakan tes soal uraian kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap konsep matematika materi volume kubus dan balok pada kriteria tinggi sebanyak 48%, siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi volume kubus dan balok dengan kriteria sedang sebanyak 30%, dan siswa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep matematika materi kubus dan balok dengan kriteria rendah sebanyak 22%.

                                                                     


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnidha, Y. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam

penyelesaian bangun datar. JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 3(1), 53-61. https://ojs.stitmultazam.ac.id/index.php/JPGMI/article/viewFile/22/17

Eriana. Kartono. & Sugiono. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students

Self-reliance towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) on Jigsaw

Techique. Journal of Primary Education, 8(2), 176-183. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25984

Fitri, U. A., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Kelas VIII MTs Safinatul Husna pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 169-176. https://www.jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/8214

Hasibuan. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun

Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1766

Intan, F., Pra, F., & Dewi, U. (2022). Matematika dan Tata Bahasa : Analisis Filsafat Matematika

dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional

Matematika, 5, 36–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Kurniawati, R., Saputra, H. J., & Kiswoyo, K. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS

V SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

ISI DATAR KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS.

Wawasan Pendidikan, 3(1), 440-452. https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/12109

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa

SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). https://media.neliti.com/media/publications/503627none-3c118fa0.pdf

Purwanti, R.D. Pratiwi, D.D. & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra

terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/9699

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5

sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106-111. https://scholar.google.com/scholar?lookup=0&q=Analisis+Pemahaman+Konsep+Matematika+Siswa+Kelas+V&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1682703306873&u=%23p%3DiYqQP4g1xL8J

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kemampuan

pemahaman matematis siswa kelas IX pada materi bangun ruang. Union, 6(1), 356809. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:x4FRVv7nj-YJ:scholar.google.com/+Wijaya,+T.+T.,+Dewi,+N.+S.+S.,+Fauziah,+I.+R.,+%26+Afrilianto,+M.+(2018).+Analisis+kemampuan+pemahaman+matematis+siswa+kelas+IX+pada+materi+bangun+ruang.+Union,+6(1),+356809.+&hl=id&as_sdt=0,5 (http://www.apastyle.org/).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.